Polres Pekalongan – Polda Jateng – Satlantas Polres Pekalongan terus berbenah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kini, pelayanan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Pekalongan tampil lebih humanis dengan hadirnya sosok “Duta Pelayanan” yang siap menyambut masyarakat.
Pantauan di lokasi, para Duta Pelayanan ini tampak sigap menyapa setiap pemohon SIM yang datang. Mereka membantu mengarahkan alur pendaftaran, memberikan informasi terkait persyaratan, hingga membantu pengisian formulir bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan.
Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Rony Hidayat, S.H.,M.H mengungkapkan bahwa inovasi ini bertujuan untuk menghilangkan kesan kaku di lingkungan kepolisian. Ia ingin masyarakat merasa nyaman dan terlayani dengan baik layaknya di pusat layanan profesional.
”Pelayanan Satpas SIM Polres Pekalongan saat ini semakin humanis. Kami menghadirkan Duta Pelayanan untuk melayani masyarakat secara langsung, memastikan mereka mendapatkan informasi yang jelas dan merasa terbantu selama proses pengurusan SIM,” ujar Kasat Lantas, Rabu (24/12/2024).
Menurutnya, Duta Pelayanan ini dipilih khusus berdasarkan kemampuan komunikasi dan sikap yang ramah. Kehadiran mereka diharapkan dapat memangkas kebingungan pemohon SIM terkait prosedur yang ada.
”Duta pelayanan hadir sebagai jembatan informasi. Jadi, masyarakat tidak perlu bingung lagi harus ke mana atau membawa dokumen apa saja. Semua diarahkan dengan santun,” tambahnya.
Selain adanya Duta Pelayanan, Satpas Polres Pekalongan juga terus mengoptimalkan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang tunggu yang bersih, pojok baca, hingga fasilitas ramah disabilitas. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Polri dalam mewujudkan pelayanan publik yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi).
