Pantauan di lokasi, petugas menyisir ruang tunggu dan menyapa satu per satu pemohon. Aksi ini pun disambut antusias oleh warga yang tengah menunggu giliran ujian teori maupun praktik.
Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Rony Hidayat, S.H.,M.H. mengatakan bahwa langkah ini merupakan bentuk pelayanan humanis untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat. Menurutnya, proses pengurusan SIM terkadang membuat pemohon merasa tegang atau jenuh saat mengantri.
”Kami ingin mengubah kesan kaku di kantor polisi. Hari ini, anggota di bagian pelayanan SIM membagikan sedikit cemilan kepada para pemohon SIM yang sedang menunggu antrean,” ujar AKP Rony saat dikonfirmasi, Sabtu (20/12/2025).
Ia menambahkan, pemberian kudapan ringan ini juga berfungsi untuk menjaga energi para pemohon, terutama mereka yang harus mengikuti tahapan ujian yang cukup panjang.
”Tujuannya agar masyarakat merasa lebih rileks dan nyaman. Kalau hatinya senang dan tidak tegang, harapannya mereka bisa lebih fokus saat menjalani ujian teori maupun praktik,” pungkasnya.
Selain membagikan cemilan, petugas juga tetap memberikan edukasi mengenai tata tertib berlalu lintas kepada para pemohon di ruang tunggu guna menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Pekalongan.
Editor : Humas Polres Pekalongan
