oleh

TNI/ Polri Bersama Warga Bersihkan Material Longsoran

Polres Pekalongan – Langit mulai gelap oleh karena hari semakin sore ditambah guyuran hujan yang tidak reda sejak pagi, terlihat sepi orang berlalu lalang di jalan beraspal depan Mako Polsek Paninggaran. Perasaan kami saat itu terjaga sambil ditemani secangkir kopi hangat, lalu terdengar suara panggilan telfon pada salah satu diantara kami “kring……kring….,” tidak lama kemudian Brigadir Polisi Pungkas berkata sambil memasukan HP miliknya ke dalam saku rompi hitam Bhabinkamtibmas miliknya, “Ijin bang…pak Wawan sekdes Kaliboja menginformasikan bahawa telah terjadi tanah longsor di wilayahnya yang mengakibatkan salah satu akses jalan desa tertutup timbunan material longsor”.

Hari itu adalah Senin (8/2/2021) pukul 16.00 wib, selanjutnya personil Polsek Paninggaran dipimpin Kanit Sabhara Bripka Sigit S., kemudian Bripka Eko R., S.H., dan Brigpol Pungkas bersama – sama personil TNI Koramil Paninggaran Sertu Arsyad langsung berangkat menuju tempat kejadian.

Sesampainya di lokasi dan bertemu dengan aparatur desa Kaloboja bersama warga masyarakat, didapati tebing yang letaknya di pinggir jalan Dukuh Silemud Desa Kaloboja Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan, telah longsor, dan materi tanah dan batang pepohonan telah menutup akses jalan satu – satunya menuju pedukuhan setempat. Kejadian longsor diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.30 wib pada saat hujan deras. Kronologis kejadiannya ada salah seorang warga Nur Khasanah yang rumahnya berdekatan bahkan ditepian tebing bagian atas mendengar suara ” brakk….,” setelah dicek ke belakang terlihat tebing belakang rumah telah longsor, adapun tinggi tebing 20an meter. Selanjutnya Nur Khasanah melapor kepada Kadus Bapak Kosim, setelah itu meneruskan kepada Sekdes Bapak Wawan dan melapor kepada pihak berwajib.

Agar akses jalan pedusunan dapat segera dilewati, selanjutnya warga masyarakat bersama – sama personil Polsek dan Koramil Paninggaran, termasuk aparatur desa yang dipimpin langsung Kepala Desa Abdulah untuk bergotong royong membersihkan material longsoran yang menutupi badan jalan. Dan sekitar pukul 17.00 wib badan jalan telah kembali dapat dilewati seperti biasa namun tetap hati- hati karena licin.

Dalam peristiwa tersebut tidak berdampak pada korban jiwa, namun jaringan kabel listrik PLN putus, sehingga aliran listrik di Dukuh Silemud sementara padam, dan pihak PLN sudah dihubungi agar segera dapat diperbaiki.

AKP Nurcholis selaku Kapolsek Paninggaran menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khusunya masyarakat paninggaran untuk selalu memiliki sikap waspada terhadap potensi bencana alam, mengingat musim penghujan masih terjadi dengan intensitas cukup tinggi. Selanjutnya ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh warga masyarakat dan aparatur desa yang telah ikut serta mengatasi gangguan akibat bencana alam khusunya longsor selama ini di wilayah Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan.

Polri prediktif, responsif dan transparansi berkeadilan demi Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif guna tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit s)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed