oleh

Satlantas Polres Pekalongan Gelar Pelatihan TPTKP – PPGD Untuk Anggota Polsek Jajaran Dan Bhabinkamtibmas

Polres Pekalongan – Dalam upaya meningkatkan kemampuan anggota jajaran Polres Pekalongan dalam penanganan kejadian laka lantas ditengah pandemi Covid-19, pagi tadi Unit Laka Sat Lantas Polres Pekalongan menggelar binteknis TPTKP Laka Lantas dan PPGD (Penanganan Pertama Gawat Darurat) korban laka lantas terhadap perwakilan anggota Polsek jajaran dan para anggota Bhabinkamtibmas, Senin (31/5/2021).

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP Harman Rumenegge Sitorus, S.I.K., menjelaskan, pelatihan TPTKP dan PPGD ini bertujuan membekali anggota dalam hal pertolongan pertama jika ada korban kecelakaan lalu lintas. Sehingga nantinya tidak hanya Unit Laka saja yang bisa melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas, Namun seluruh anggota juga dapat melakukan proses penanganan TPTKP laka lantas, hal itu untuk mempercepat pelayanan dan penanganan korban laka lantas, jelasnya.

“Melalui pelatihan ini diharapkan anggota yang dilapangan mampu melaksanakan TPTKP laka lantas dan PPGD (Penanganan Pertama Gawat Darurat) dengan benar guna meningkatkan pelayanan penanganan dan pertolongan korban laka lantas sejak awal terjadinya laka lantas”, ujar Kasat Lantas.

Dikatakannya bahwa, olah TKP sendiri merupakan serangkaian tindakan di TKP untuk mencari dan mengumpulkan keterangan, petunjuk, barang bukti, identitas tersangka, dan saksi/korban, mencari hubungan antara saksi/korban, tersangka, dan barang bukti serta untuk memperoleh gambaran penyebab terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas.

AKP Harman berharap, setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta nantinya dapat membatu Unit Laka Lantas dalam penanganan awal kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayahnya masing-masing
.
“Kemampuan dalam penolongan pertama ini dapat mencegah terjadinya fatalitas korban kecelakaan lalulintas. Karenanya peran personil Polsek jajaran dan anggota Bhabinkamtibmas sangat diperlukan untuk melakukan penanganan awal pada pada kejadian kecelakaan lalu lintas”, pungkas Kasat Lantas AKP Harman. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed