oleh

Sat Samapta Gelar Latihan SAR Laut di Pantai Depok Kec. Siwalan Kab. Pekalongan

Polres Pekalongan – Musibah atau keadaan darurat di perairan, seperti sungai atau laut merupakan kejadian yang tak diharapkan oleh siapapun. Dibutuhkan respon cepat atau penanganan sesegera mungkin tanpa melupakan faktor keselamatan diri sendiri.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Pekalongan gelar latihan SAR Laut di Pantai Depok Kec. Siwalan Kab. Pekalongan yang dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Pekalongan AKP Edi Yuliantoro, S.H dengan didampingi KBO Samapta Iptu Chalim dan diikuti oleh seluruh anggota Dalmas Sat Samapta, Kamis (25/11/2021).

Dengan mendatangkan instruktur dari Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jateng, Aiptu Darudin, Bripka Agung Setyo W dan Bharaka Samsul Hermawan, anggota Dalmas Sat Samapta Polres Pekalongan diajari beberapa hal, diantaranya cara bongkar pasang mesin perahu, teknik dayung pecah gelombang balik perahu dan teknik evakuasi serta penyelamatan korban di laut yang berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban.

Kasat Samapta mengatakan, Pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di lautan lepas.

“Sasaran latihan ini adalah untuk menjaga ketahanan personel dan evakuasi korban laka laut, serta untuk sarana mendidik, melatih personil agar paham akan tugas pokok masing-masing dan lebih profesional,” tutur AKP Edi Yuli.

“Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,” pungkasnya. (hms_smpta)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed