oleh

Sat Reskrim Berikan Pembekalan Materi Identifikasi Kepada Bintara Remaja Saat Pembaretan

Polres Pekalongan – Kegiatan pembinaan tradisi pembaretan ini adalah pembinaan tradisi tahun yang ini dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar, serta maksud dan tujuan diadakannya pembaretan tersebut yakni guna membentuk sikap dan tanggung jawab para personel karena akan membawa konsekuensi beberapa tuntutan pelaksanaan tugas yang lebih besar.

Kasat Reskrim AKP Subroto, S.H., M.H mengatakan dalam perjalanan yang akan dilalui oleh para bintara remaja, akan dijumpai beberapa pos pembekalan materi, terutama yaitu fungsi identifikasi Sat Reskrim.

Sementara itu, Aipda Rizalinur selaku Ps. Kanit Identifikasi menjelaskan bahwa untuk meningkatkan profesionalime anggota Polri dalam investigasi sebuah tindak kriminal, Sat Reskrim selalu mengadakan pelatihan dan simulasi olah tempat kejadian perkara (TKP) dan kegiatan peningkatan kemampuan ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sesi pertama yaitu simulasi yang dilaksanakan dengan memperagakan adanya kejadian tindak pidana pembunuhan dengan adanya korban jiwa. Diawali petugas mengamankan/ menjaga TKP agar status quo tidak berubah, dilanjutkan petugas lainnya untuk mengerjakan tugasnya masing-masing dalam mengolah TKP yaitu melakukan proses identifikasi untuk menemukan barang bukti dengan peralatan Identifikasi yang dimiliki serta mengambil sidik jari baik manual dan juga menggunakan alat Handheld identification portable system untuk mengetahui identitas korban selanjutnya mencatat saksi-saksi di TKP.

Sesi selanjutnya pemberian bekal materi tentang olah TKP yang benar dan tidak merusak tempat kejadian perkara, olah TKP yang baik dan benar menjadi penentu utama dalam memecahkan sebuah perkara dengan mengumpulkan petunjuk pertama di tempat kejadian perkara. (nisa)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed