oleh

Perempuan Dibalik Kekuatan Ekonomi Mikro Dan UMKM Di Paninggaran

Polres Pekalongan – Fundamental ekonomi bangsa Indonesia salah satunya ditopang oleh kekuatan dan eksistensi sektor ekonomi mikro/ bidang wira usaha kerakyatan termasuk UMKM didalamnya, bahkan pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Berdikari dalam bidang ekonomi merupakan cita – cita luhur bangsa ini, dimana sektor ekonomi real menjadi sangat penting guna mendukung terciptanya lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat dalam skala dan ruang mikro ekonomi.

Ketahanan pangan dan ketersediaan lapangan pekerjaan yang memiliki nilai ekonomis sangatlah berkorelasi positif, dimana sangat mendukung tren positif ekonomi makro secara nasional. Salah satunya pada sektor UMKM/ Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang selama ini menjadi program prioritas pemerintah baik pusat dan daerah. UMKM sangat bersumbangsih dalam ketahanan ekonomi nasional sampai dengan saat ini, baik yang diselenggarakan secara manual face to face, maupun secara digital.

Pada hari Kamis tanggal 4 November 2021 pukul 09.30 Wib, personil polsek Paninggaran dipimpin Kanit Binmas Bripka Carno bersama personil Koramil 13 Paninggaran SERKA Arsyad melaksanakan pengamanan sekaligus check point monotoring kegiatan Kunjungan Dan Pembinaan oleh Ketua Penggerak PKK Kab. Pekalongan Ibu Hj. Riswadi di Desa Botosari Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan, termasuk dihadiri Camat Paninggaran Dra. Siti Arofah. Kegiatan pembinaan ditujukan kepada Tim Penggerak PPK Se – Kec. Paninggaran, termasuk seluruh penggiat UMKM yang ada di Paninggaran.

Sebagai contoh UMKM Desa Botosari selama ini telah mampu menunjukan eksistensi dan sumbangsihnya guna mendukung taraf hidup dan ekonomi masyarakatnya, manfaat tersebut telah sangat dirasakan dengan indikator penyerapan tenaga kerja untuk ibu – ibu rumah tangga yang dahulunya tidak bekerja, dan saat ini dengan adanya UMKM, para ibu – ibu telah ikut membantu ekonomi keluarga masing – masing.

Bidang usaha UMKM di Desa Botosari sendiri antara lain UMKM pengrajin sapu lantai yang selama ini telah dijual di wilayah Kab. Pekalongan, selain itu bidang usaha UMKM gula aren yang pangsa pasar telah sampai luar kota.  Geliat UMKM tersebut juga didukung oleh kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dengan program kredit permodalan yang mudah dan ringan, selain itu perhatian dari pihak aparatur pemerintah desa dan pihak Camat Paninggaran.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Ketum Penggerak PKK Kab. Pekalongan Ibu Hj. Riswidi kepada seluruh penggiat UMKM di wilayah Paninggaran dan seluruh pihak pengampu kepentingan, sehingga UMKM dan ketahanan ekonomi kerakyatan dapat berjalan dengan baik dan berkemanfaatan untuk warga masyarakat.

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif Untuk Indonesia Maju. (Humas SekPng _Sigits)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed