oleh

Penyekatan Dan Operasi Yustisi Sasar Pelanggar Protokol Kesehatan

Polres Pekalongan – Rutin dan berkelanjutan adalah upaya nyata pemerintah untuk menanggulangi pandemi COVID-19 melalui unsur pengampu kepentingan terkait (Stakeholder) baik tingkat pusat sampai kepada tingkat daerah. Progres nyata tersebut telah dilaksanakan dalam berbagai kegiatan himbauan, pencegahan bahkan sampai kepada kegiatan penegakan hukum dalam ruang lingkup pelanggaran protokol kesehatan.

Pandemi COVID-19 belum usai, namun berbagai kebijakan dan program untuk masyarakat khusunya masyarakat terdampak pandemi terus dijalankan oleh pemerintah, seperti program bantuan sosial maupun kebijakan PPKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Bahkan kebijakan PPKM baik level 3 dan level 4 masih terus dilaksanakan, dengan pola pendisiplinan masyarakat terkait standar protokol kesehatan yang wajib dijalankan dalam beraktifitas sehari – hari.

Karakter masyarakat sangat mempengaruhi jalannya program dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, tidak cukup pada upaya himbauan dan pencegahan, namun harus diikuti dengan upaya penegakan hukum yang berkeadilan dan humanis dengan mempertimbangan aspek sosiologis masyarakat.

Seperti halnya yang telah dilaksanakan pada hari Minggu (05/09) di jalan raya Paninggaran (depan pasar Desa Paninggaran) Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan, oleh aparat gabungan diantaranya personil Polsek Paninggaran, Koramil Paninggaran, Staf Trantib Kecamatan, Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Paninggaran, telah melaksanakan kegiatan operasi yustisi protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara menghentikan dan menanyai identitas warga masyarakat yang kedapatan melanggar protokol kesehatan. Bentuk pelanggarannya adalah warga tidak memakai masker dalam aktifitas sehari – hari. Selanjutnya kepada para pelanggar akan diberikan imbauan dan teguran tegas namun humanis, dilanjutkan melakukan tes swab antigen.

Selama kegiatan berlangsung didapati puluhan pelanggar protokol kesehatan, namun setelah dilakukan tes swab antigen, seluruh pelanggar dinyatakan negatif COVID-19.

Ucapan terimakasih kepada warga masyarakat Paninggaran yang selama ini telah mematugi protokol kesehatan dalam aktifitas sehari – hari. Kemudian dihimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, dijelaskan oleh aparat gabungan.

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif Untuk Indonesia Maju. (Humas SekPng _Sigits)

Editor : Humas Polres pekalongan

Komentar

News Feed