oleh

Pendekatan Dengan Metode Soft Approach, Oleh Polsek Paninggaran

Polres Pekalongan – Personil Polsek Paninggaran Bripka Sigit Suharyadi selaku Kanit Sabhara dan personil Bhabinkamtibmas Brigpol Pungkas melaksanakan kegiatan patroli dan sambang desa di kantor Balai Desa Krandegan Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan, Rabu (31/3/2021).

Metode soft approach lebih menitikberatkan pada pengendalian humanis yang lebih persuasif. Metode ini dilancarkan untuk menyebarkan deradikalisasi kepada seluruh elemen masyarakat, napiter, ex napiter dan keluarga teroris. Paparan paham radikal sangat cepat bak matahari menyinari pagi.

Bentuk kegiatan patroli itu sendiri adalah sambang serta memberikan imbauan edukasi terhadap seluruh unsur pemerintahan desa dan warga masyarakat Desa Krandegan, terkait pola propaganda, masuk serta menyebarnya paham radikalisme di lingkungan masyarakat, baik dalam ruang keluarga, pekerjaan, dan sosialisasi pergaulan antar masyarakat, dan potensi serta ancaman nyata tersebut wajib kita cegah dan kita perangi bersama. Penanganan secara komperhensiflah menjadi kunci dalam mencegah radikalisme, kerjasama aparat penegak hukum baik TNI/ Polri dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, aparatur desa sampai tingkat RT dan peran serta orang tua, merupakan sangatlah penting dalam mencegah paham radikalisme yang sangat bertentangan dengan nilai – nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa.

Polsek paninggaran selama ini telah aktif melakukan pendekatan tersebut kepada seluruh elmen masyarakat dalam kegiatan patroli, sambang desa dan dalam berbagai agenda kegiatan kewilayahan, pesan, edukasi serta himbauan terus disampaikan secara rutin dan berkelanjutan.

Pemahaman serta ketuguhan religi, pola komunikasi antar individu, perhatian orang tua, keterbukaan informasi, pola pergaulan yang terbuka dan positif menjadi beberapa contoh faktor penting dalam mencegah berkembangnya paham radikalisme dalam ruang lingkup terkecil seperti keluarga sampai kepada ruang interaksi kemasyarakatan.

Pendidikan usia dini oleh kalangan pengajar/ guru kepada siswa/ siswi menjadi sangat penting dalam tercipta karakter serta sumberdaya manusia yang nantinya mampu mencegah perilaku intoleran.

Dalam kesempatan lain, Kapolsek AKP Nurcholis mengatakan bahwa kegiatan patroli dan sambang tersebut akan terus dilaksanakan secara aktif dan konsisten, integritas dan visi seluruh personil polsek paninggaran menjadi komitmen dalan upaya perlindungan, pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat.

Polri prediktif, responsif dan transparansi berkeadilan demi Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif guna tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit s)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed