oleh

Patroli Dialogis Polsek Paninggaran; Mendengarkan Dengan Bijak Dan Imbauan Penuh Kearifan Lokal

Polres Pekalongan – Definisi tegas itu sendiri sering diidentikan dengan nada perintah, petunjuk, larangan, gaya berbicara yang terdengar keras penuh emosional disertai gerak gerik yang arogan, padahal tidak. Tegas dalam perspektif menjalankan tugas sebagai abdi negara didefinisikan sebagai individu yang santun, berani mengambil keputusan dalam situasi dan kondisi apapun, humanis, berpenampilan rapi bersih dan memiliki etos kerja serta kedisiplinan.

Dinamika sosial masyarakat yang dinamis menjadikan seorang abdi negara, bangsa dan masyarakat untuk selalu adaptif dan kreatif dalam menjalankan tugas sehari – hari dalam koridor aturan perundang – undangan dan S.O.P. yang telah ditentukan.

Polri sebagai baik secara kelembagaan maupun personal adalah wujud hadirnya negara ditengah – tengah masyarakat dalam melaksanakan tugas pokok, peran serta fungsinya dalam pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum dengan berkomitmen untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya polri dibagi dalam beberapa satuan kerja dengan bidang pekerjaan masing – masing, sehingga dalam implementasi tugas masing – masing bidang memiliki standar dan treatment tersendiri.

Seperti halnya personil Polsek Paninggaran BRIPKA Sigit S. selaku Kanit Samapta, pada hari Selasa tanggal 2 November 2021 telah melaksanakan kegiatan patroli kamtibmas dengan sasaran orang, tempat serta aktifitas kemasyarakatan. Patroli dialogis menjadi konsep utamanya dengan metode pendekatan Humanistik kepada seluruh warga masyarakat. Dalam kesempatan patroli tersebut, Kanit Samapta akan berdialog dengan warga masyarakat sekaligus memberikan imbauan, tegas namun humanis adalah kunci utama kolaborasi antara polri dengan masyarakat dalam menciptakan situasi wilayah yang aman dan kondusif serta patuh hukum.

Selama kegiatan patroli tersebut, wilayah hukum Polsek Paninggaran didapati dalam keadaan aman dan kondusif, tidak terdapat pelanggaran maupun tindak kejahatan.

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif Untuk Indonesia Maju. (Humas SekPng _Sigits)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed