oleh

Operasi Keselamatan, Polres Pekalongan Fokus Beri Imbauan Larangan Mudik, Cegah Aksi Balap Liar dan Patuhi Prokes

Polres Pekalongan – Jajaran Kepolisian Polres Pekalongan menanggapi serius adanya aksi balap liar yang sering dilakukan oleh sekelompok pemuda di beberapa tempat saat bulan Ramadan.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K mengatakan bahwa untuk mengantisipasi adanya balapan liar tersebut, puluhan personel dari Satuan Lalu lintas (Satlantas) dan personel Satuan Sabhara (Satsabara) Polres Pekalongan akan terus meningkatkan kegiatan Patroli di beberapa tempat yang disinyalir dijadikan tempat ajang balap liar, ujarnya Senin (19/4/2021).

Menurutnya, kegiatan patroli ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan adanya balap liar untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas maupun tindak kriminalitas. Selain itu juga untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Polres Pekalongan akan menindak secara tegas bila masih ditemukan adanya balap liar, termasuk di wilayah polsek jajaran,” imbuh AKBP Darno.

Saya juga telah perintahkan kepada Kapolsek dan jajaran yang wilayahnya sering dijadikan tempat balap liar untuk melakukan kegiatan yang sama, sambung Kapolres.

Lebih lanjut, selain melakukan patroli, jajarannya juga memberikan imbauan kepada para muda-mudi agar selama bulan ramadan ini digunakan untuk beribadah maupun kegiatan lainnya yang bermanfaat.

“Kita selalu berikan imbauan agar selama bulan puasa ini digunakan untuk memperbanyak ibadah. Hindari kegiatan seperti balap liar yang sangat membahayakan keselamatan, dan mengganggu ketertiban serta meresahkan masyarakat,” pungkas Kapolres.

Kapolres Pekalongan mengungkapkan bahwa dari data yang ada, sebagian besar pelaku balap liar merupakan anak di bawah umur. Selain itu para anak muda atau remaja itu sangat mengabaikan imbauan pemerintah untuk mentaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Saat di luar rumah, mereka sebagian besar tidak memakai masker sehingga berpotensi sekali terjadi penyebaran atau terpapar COVID-19 di antara mereka sendiri,” ujar AKBP Darno.

Untuk itu pihaknya berharap agar pencegahan balap liar yang dilakukan jajaran Polres Pekalongan juga mendapat dukungan dari para orang tua yang mana untuk lebih mengawasi lagi kegiatan anaknya apabila sampai larut malam belum pulang ke rumah.

Perlu diketahui bahwa kegiatan pembubaran aksi balapan liar dan larangan mudik saat Bulan Suci Ramadhan dan saat lebaran itu masuk dalam Operasi Keselamatan Candi 2021 yang digelar oleh Polres Pekalongan. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed