oleh

“Ojo Ngoyo, Ojo Ngongso, Ojo Dumeh, Narimo Ing Pandum Lan Urip Mung Sa’ Dremo Nglakoni” Semboyan Hidup Aiptu Moch Umar

Polres Pekalongan – Aiptu Moch Umar kurang lebih sudah 3 tahun menjabat sebagai Ka SPK III Polsek Lebakbarang, beliau bertempat tinggal dan hidup tentram di daerah Batang bersama dengan keluarganya. Jarak tempuh yang jauh  dari rumah menuju ke Polsek Lebakbarang  tempatnya bekerja mengabdi kepada Bangsa dan Negara ini tidak menjadi hambatan beliau dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang anggota Polri.

Hampir setiap hari beliau rutin naik tutun mengendarai motor bututnya melaksanakan dinas jaga sesuai jabatanya sebagai Ka SPK III, siang sambang ke desa – desa menemui warga dan malam harinya rutin memimpin anggotanya keliling keluar masuk pemukiman warga menjalankan BLP untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakatnya.

Di saat SPK III menjadi regu cadangan jaga, beliau tetap eksis melaksanakan tugas menjalankan PH pagi bersama anggotanya untuk mengatur arus lalu lintas terutama untuk menertibkan para siswa – siswi SMP N dan SMK N (berada dalam satu lokasi) dalam berkendara.

Pola hidup Aiptu Moch Umar terlihat sangat tentram  dan tampak sederhana, beliau tidak pernah sombong karena jabatanya, tidak pernah memaksakan diri dalam berburu duniawi, tidak pernah memaksa dalam memburu pangkat dan kedudukan serta harta benda, hidup beliau jalani mengalir secara alami. Seperti aliran air kali sungai sengkarang yang sangat bening, beliau terima dengan ihklas dan penuh rasa syukur atas apa yang Allah SWT berikan, karena beliau yakin apa yang Allah berikan kepada umatnya, itulah yang terbaik dan hidup ini hanyalah menjalani perintahnYa dan menjauhi larangaNya.

Gambaran dan sosok Aiptu Moch Umar  tersebut di atas tampak jelas tercermin dan tergambar dalam keseharianya, beliau adalah seorang anggota Polisi yang ceria dan humoris, wajahnya selalu tampak segar dan bersinar, meski fisiknya terlihat gemuk dan perutnya buncit namun hal itu tidak mengurangi kelincahan dan mobilitasnya dalam bekerja.

Seperti yang beliau lakukan pada hari Minggu 21 Juli 2019 pukul 09.00 wib dengan sabar beliau melakukan patroli dialogis di Desa Sidomulyo, beliau berdialog dengan beberapa warga masyarakat yang ditemuinya untuk mendengar keluh kesah serta  memberikan binluh untuk memberikan rasa damai dan tentram serta memberikan suport dan semangat kepada warga masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan kerasnya persaingan hidup akhir – akhir ini.

Di akhir patroli dialogisnya beliau selalu berdoa, ya Allah semoga situasi kamtibmas Bangsa dan Negaraku berjalan aman dan kondusif, sehingga masyarakat hidup dengan penuh ketentraman dan kedamaian…Amin. (sutrisno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed