oleh

Warga Kalijoyo Adakan Klarifikasi Kepada Pemerintah Desa, Puluhan Personil Polres Pekalongan Diterjunkan

-Giat Ops-595 views

Polres Pekalongan  – Pagi tadi, sebanyak 45 personil Polres Pekalongan diterjunkan guna mengamankan jalannya kegiatan klarifikasi warga desa Kalijoyo kepada Pemerintah Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Senin (17/9).

Sekitar 50 warga Kalijoyo meminta klarifikasi dari pemerintah desa terkait permasalahan adanya dugaan penyelewengan uang setoran Pajak Bumi dan Bangunan oleh pemungut pajak.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, S.H tersebut berlangsung di balai desa Kalijoyo. Hadir juga Kasubbagdalops AKP I Wayan Suandi, Plt. Camat Kajen, Kapolsek Kajen, kepala desa Kalijoyo,  perangkat desa, anggota BPD Kalijoyo dan warga Kalijoyo.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Kajen AKP Agus Sulistwiyantoro menyampaikan supaya warga menjaga emosi dan jangan menggunakan kata-kata yang tidak pantas.

“Tolong didengarkan supaya semuanya jelas sehingga permasalahan dapat mudah dipahami dan mari kita ciptakan kondusifitas dalam kegiatan ini, jangan sampai memprovokasi dan terprovokasi,” ujarnya.

Sementara itu, kepala desa Kalijoyo Dedi Cipta Yuana mengatakan bahwa pertemuan hari ini dalam rangka Klarifikasi tunggakan PBB desa Kalijoyo. “Saya ingin desa Kalijoyo selalu tertib dan taat aturan untuk menertibkan pajak ke pemerintah daerah, mari kita kupas disini bahwa ada kronologinya biar warga semua tau, uang PBB yang warga setorkan berhentinya dimana,” ucapnya.

Warga Kalijoyo yang diwakili oleh saudara Suparjo, Jupaendi dan Kombor menyampaikan bahwa pihaknya tidak mencari maslah baru namun mencari solusi dan tidak akan menuduh perangkat desa serta memohon supaya semua anggota GOM (petugas penarik pajak) yang berurusan dengan penarikan PBB untuk dihadirkan mengingat yang mengawasi PBB adalah BPD selain warga.

Mereka berpandangan bahwa kesalahan antau kendala pembayaran PBB bukan hanya kesalahan GOM sendiri, malainkan mungkin juga keselahan warga yang tidak taat pajak.

Warga menuntut supaya tunggakan pajak segera diselesaikan tahun 2019 sehingga sudah tidak terdapat tunggakan 0 rupiah. Warga juga meminta untuk menyertakan jaminan dan surat pernyataan bermaterai dengan ditandatangani oleh para GOM.

Dari kegiatan klarifikasi warga Kalijoyo tersebut diperoleh kesepakatan yang dituangkan dalam surat pernyataan bahwa urusan tunggakan PBB akan diselesaiakan oleh Pemerintah Desa Kalijoyo, adapun urusan pemungut pajak akan dibahas secara internal oleh kepala desa dengan pemungut pajak. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed