oleh

Wakapolres Pekalongan resmikan Kampung Siaga COVID-19

Polres Pekalongan – Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani, S.H M.H. bersama unsur Forkompincam Talun meresmikan `Kampung Siaga Antisipasi COVID-19` di Desa Kerompeng Kec. Talun Kabupaten Pekalongan, sekaligus pemberian perlengkapan posko siaga COVID-19 dan pembagian sembako kepada warga masyarakat Desa Krompeng yang tidak mampu sebanyak 10 orang, Senin (04/05).

Hadir dalam kegiatan tersevut Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani, S.H M.H., KBO Intelkam Polres Pekalongan Ipda Eko Widianto beserta anggota, Sekcam Talun Drs. Mores Irson Kubela, Kapolsek Talun AKP Edi Yuliantoro, S.H, anggota Polsek Talun, Kepala Desa Krompeng Nasrudin dan masyarakat penerima bantuan

Wakapolres dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan warga dalam menghadapi wabah corona baik dalam aspek kesehatan maupun ekonomi.

“Desa ini akan kita jadikan percontohan untuk desa-desa yang lain, yang mana telah mempunyai SOP terkait pencegahan penularan virus corona,” ujarnya.

Wakapolres menambahkan jika Desa Krompeng cukup baik dalam mempersiapkan prosedur sarana dan prasarana tentang penanganan wabah corona. Antara lain pembentukan posko 24 jam dan relawan desa, penyiapan rumah isolasi, gerakan wajib masker serta penyiapan alat cuci tangan untuk warga.

“Nantinya warga yang mampu akan diberikan tugas untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi tetangganya yang kurang mampu yang mana tidak tercover bantuan dari pemerintah,” jelasnya.

Sehubungan adanya diskriminasi terhadap pasien dan korban meninggal akibat COVID-19 di daerah lain, , Kompol Andis mebgatakan jangan sampai merembet di wilayah Kab. Pekalongan khususnya Talun. Andis mengimbau semua harus mengedepankan empati dan berfikir rasional bahwa apa yang dijalankan telah sesuai SOP dan aman bagi warga sekitar.

Adapun peralatan pendukung yang diberikan kepada posko Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona (COVID-19) diantaranya tangki semprot elektrik, ember cuci tangan, masker, hand sanitizer 5 liter, hand sanistezer 500 ml, sabun cair cuci tangan, SOS untuk disinfektan, super pell untuk disinfektan, Sleek hand soap, tisu, paket sembako, air mineral serta Wipol untuk disinfektan.

Kompol Andis mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak diskriminatif terhadap tenaga medis. Pasalnya mereka adalah pejuang terdepan dalam memerangi wabah COVID-19, dan perannya sulit digantikan oleh orang lain, lantaran memiliki keahlian khusus.

Wakpolres berharap, masyarakat harus ikut membantu mereka jangan justru melemahkan moral tenaga medis.

“Jika tenaga medis ini banyak yang tertular siapa yang akan merawat para pasien, makanya ayo kita dukung para dokter dan para perawat itu,” pungkasnya. (3ko_tln)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed