oleh

Wakapolres Pekalongan Bersama Forkopimda Laksanakan Sholat Ied

-Giat Ops-59 views

Polres Pekalongan – Idul adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, S.H bersama dengan unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan melaksanakan sholat idul adha di masjid Al Muhtarom Kajen, Minggu (11/08) Pagi tadi.

Suasana khidmad dan khusyuk menyelimuti pelaksanaan sholat Idul Adha 1440 H yang berlangsung bersama warga. Dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai khotib adalah H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag dan selaku Imam Kyai Ahmad Shodiq Alhafid, S.Q.

Kyai Ahmad Shodiq dalam khutbahnya menyampaikan bahwa sejarah kurban sudah berlangsung sejak generasi pertama umat manusia, namun syari’at ibadah kurban dimulai dari perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anak kesayangannya Ismal.

Terdapat 3 pesan yang dapat kita jadikan pelajaran dari kisah persyariatan kurban yakni kepatuhan Ibrahim akan perintah Allah SWT, sebagai momentum untuk merekatkan ukhuwah islamiyah dunia serta pengorbanan dan kepedulian sosial.

Usai pelaksanaan sholat ied, dilaksanakan penyerahan hewan kurban oleh Bupati Pekalongan, ketua DPRD dan juga Wakapolres Pekalongan yang dilanjutkan dengan penyembelihan.

Saat dikonfirmasi, Wakapolres menyampaikan Ibadah kurban yang dilaksanakan secara tulus dan ikhlas merupakan wujud dari solidaritas sesama umat muslim khususnya, serta rasa kesetia kawanan nasional pada umumnya.

“Sebagai umat muslim yang merasa mampu diwajibkan untuk melaksanakan ibadah kurban sebagai wujud syukur kepada Allah SWT,” ujarnya.

Wakapolres menambahkan bahwa dari perayaan idul adha ini, diharapkan bisa memupuk rasa kepedulian kepada sesama muslim dan juga membantu saudara kita yang kurang mampu dengan membagikan daging kurban. Selain itu kita bisa mengambil makna dari ketauladanan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed