Beranda SATFUNG Sat Binmas Usai Laksanakan Latsar, Calon Anggota Saka Bhayangkara Jalani Adat Siraman

Usai Laksanakan Latsar, Calon Anggota Saka Bhayangkara Jalani Adat Siraman

35
BERBAGI

Polres Pekalongan – Sebanyak 75 calon anggota Saka Bhayangkara Polres Pekalongan menjalani upacara penutupan dan adat siraman kembang tujuh rupa di halaman Mapolres Pekalongan, Minggu (17/12/17).

Kasat Binmas Polres Pekalongan AKP Guntur Tri Harjani S.H menjelaskan proses adat siraman kembang merupakan sebuah tradisi yang telah melekat di masyarakat Jawa. Siraman kembang hampir dilaksanakan pada setiap proses ritual masyarakat Jawa. Siraman kembang melambangkan keharuman dan kesucian. Adanya siraman kembang diharapkan pola pikir para anggota Saka Bhayangkara Polres Pekalongab akan selalu berkembang dengan baik, terangnya.

Kegiatan adat siraman kembang ini dilaksanakan seusai para calon anggota Saka Bhayangkara mengikuti Latihan dasar selama dua hari di PTPN IX Kebun Jolotigo Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, sebelum menjalani adat siraman para peserta melaksanakan upacara penutupan dan dilanjutkan gerakan fisik yang diberikan oleh kakak kakak Dewan Saka Bhayangkara, tutur Kasat Binmas.

Diharapkan setelah menjadi anggota Saka Bhayangkara para peserta Latsar bisa berubah menjadi lebih baik dan juga lebih meningkatkan kedisiplinannya, karena dalam pendidikannya pramuka mengandung nilai karakter yang sangat luhur dan anggota pramuka mempunyai nilai spritual serta kepedulian yang tinggi baik kepada sesama maupun alam. Dengan demikian maka para anggota pramuka Saka Bhayangkara Polres Pekalongan diharapkan mempunyai budi pekerti yang luhur dan bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari harinya. tutup Kasat Binmas.
(M Zaenuri)

Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI