oleh

Unit Identifikasi sat Reskrim Terapkan SOP Dalam Olah TKP Saat Mewabahnya Virus Corona

-Sat Reskrim-212 views

Polres Pekalongan – Kasat Resrim AKP Poniman, S.H mengatakan bahwa Unit Identifikasi Sat Reskrim mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam olah TKP dan mengawal pemakaman jenazah pasien positif virus Corona (COVID-19). Hal ini agar pemakaman dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kaidah agama dan norma-norma sosial.

Berikut Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dilakukan anggota reskrim dalam penanganan penemuan mayat dengan adanya wabah COVID-19 diantaranya anggota mendatangi TKP dengan menggunakan APD,  agar diusahakan menghuhungi satgas penanggulangan covid-19 dari puskesmas setempat yang sudah dilengkapi APD, penjagaan status quo dengan membentangkan police line, usahakan masyarakat tidak berkerumun dan jaga jarak aman, melakukan penyemprotan di tkp dengan cairan disinfektan oleh tim satgas penanggulangan covid setempat dan jika diperlukan agar menghubungi bantek identifikasi atau team olah TKP Polres.

Kasat Resrim mengatakan dengan menerapkan SOP yang tepat terhadap anggota reskrim, nantinya, masyarakat juga akan memahami dan tidak ada penolakan lagi terkait pemakaman jenazah pasien positif virus corona (COVID-19).

Serta masyarakat memiliki sikap toleransi dan gotong royong dalam keadaan seperti ini. “Mereka harus mengedepankan rasa kemanusiaan dan rasa empati. Sehingga tidak ada penolakan dari pemakaman jenazah yang terkena corona,” tegasnya. (nisa)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed