oleh

Tradisi Tahunan Buka Pintu Bendung Gembiro, Kapolres Pekalongan Himbau Kepada Para Pengunjung Yang Mencari Ikan

-Giat Ops-30 views

Polres Pekalongan – Hari ini, Kamis (1/11), pintu Bendungan Gembiro terletak di perbatasan Desa Krandon, Kecamatan Kesesi – Desa Bukur, Kecamatan Bojong akan kembali dibuka. Adapun bukaan Pintu Bendung Gembiro akan kembali ditutup Jumat (2/11).

Agenda tahunan bedah pintu gembiro yang merupakan peninggalan Belanda dengan dibangun pada tahun 1930 itu adalah salah satu penunjang suplai air untuk pertanian di wilayah Kecamatan Kesesi dan sekitarnya. Dalam bedah bendungan Gembiro biasanya dijadikan sebagai ajang untuk mencari ikan disepanjang Sungai Gembiro baik di hulu maupun di hilir.

Bukaan Bendungan Gembiro selain untuk menguras lumpur yang ada di Sungai, juga untuk mengetahui kondisi bangunan dasar Bendungan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan dengan adanya pembukaan Pintu Bendungan Gembiro, mengimbau kepada masyarakat agar saat mencari ikan berhati-hati. Sebab saat bukaan Pintu Bendungan Gembiro, air baik di hulu atau hilir akan deras.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang ikut mencari ikan untuk selalu hati hati, karena selain air deras juga banyak lumpur yang cukup membayakan,” imbaunya. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed