oleh

Tempat Kursus Setir Mobil, Jadi Target Safety Riding Sat Lantas Polres Pekalongan

Polres Pekalongan – Kampanye aman berkendara terus digalakkan oleh Sat Lantas Polres Pekalongan. Bahkan Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Pekalongan langsung di terjunkan ke masyarakat khususnya di tempat kursus setir mobil agar nantina pesan atau himbauan mereka benar-benar dapat sampai kepada peserta pelatihan.

Kepala Satuan Lalu lintas Polres Pekalongan AKP Bobby Anugrah Rachman, S.I.K melalui Kanit Dikyasa Aiptu I Gede Sudiasa mengatakan bahwa mengemudi dengan aman atau Safety Riding bukanlah hal yang mudah. Mengemudi yang aman memerlukan dasar (pengetahuan), latihan serta pengalaman yang cukup.

Dalam hal ini mengendarai kendaraan sudah menjadi suatu kebutuhan dan bahkan sudah sulit untuk dihindari. Hal ini bisa kita lihat dari perkembangan jumlah populasi kendaraan yang kian hari semakin bertambah. Namun sangat disayangkan seiring bertambahnya jumlah kendaraan diiringi juga oleh jumlah kecelakaan yang mengakibatkan bertambahnya kerugian yang tidak sedikit, bahkan jumlah nyawa yang melayang sia-sia.

Salah satu penyebab utama kejadian ini adalah akaibat minimnya bekal pengetahuan dan kemampuan pengendara untuk menggunakan kendaraannya dengan aman dan benar. Untuk menghindari kondisi tersebut, setiap pengendara perlu membekali dirinya. Salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan “Safety Riding”.

Oleh karenanya, Polres Pekalongan melalui Unit Dikyasa Sat Lantasnya pada hari Senin (11/12/2017) siang kemarin di tempat kursus setir mobil Satria Tegal Wiradesa, , Aiptu I Gede Sudiasa menyampaikan beberapa materi terkait “Safety Riding”, diantaranya melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum digunakan, manuver maju (zig – zag), melatih keseimbangan (Bridging line), teknik pengereman yang baik dan aman, teknik menikung serta bagaimana melatih kecepatan reaksi saat kondisi kritis (judging).

“Kami berharap nantinya setelah mengikuti dan mendapatkan arahan terkait “Safety Riding” nantinya para peserta dapat mengetahui dasar-dasar mengemudi, seperti mengendarai kendaraan dengan aman dan benar sehingga bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” ungkap Aiptu Gede Sudiasa. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed