oleh

Spesialis Pencongkel Rumah Diringkus, Pelaku Kerap Pindah Tempat Tinggal

-Giat Ops-39 views

Polres Pekalongan – Seorang pencuri spesialis pengcongkel rumah, Sunaryo (48) asal Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran diamankan anggota Buser Polres Pekalongan, Sabtu (1/8). Tersangka diamankan bersama sejumlah barang bukti hasil curian.

Data dihimpun, bahwa pencurian terjadi di Desa TengengWetan, Kecamatan Siwalan tepatnya di rumah milik Muhammad Mulyono (49). Bermua pada 25 Juli 2018 sekira pukul 05.30 WIB disaat M Romi (24) hendak mempergunakan HP Samsung J3 miliknya yang semula dalam keadaan di charge di kamar.

Namun ketika dicari sudah tidak ada atau hilang. Kemudian Romi mengecek seisi kamar dan merasa kehilangan satu buah tas laki-laki model slempang berisi uang tunai sejumlah Rp.2.000.000 yang semula berada di tempat tidur.

Karena penasaran, Romi mengecek ke lingkungan sekitar rumah dan mendapati jendela samping kanan rumah dalam keadaan sedikit membuka terdapat bekas congkelan. Selanjutnya Romi membangunkan, Arum (14) untuk mneegecek bersama-sama memastikan apakah ada barang lain yang hilang. Setelah di lakukan pencarian ternyata HP merk ASUS milik Arum yang sebelumnya di taruh pada lantai dalam kondisi dicarge pada ruang tengah sudah tidak ada.

Selain itu ternyata HP merk Advance milik Muhammad Mulyono yang sebelumnya dicas di ruang tengah juga hilang.

Adapun setelah dicek barang yaang hilang diantaranya 3 buah handphone, uang tunai sebesar Rp. 2.000.000 sehingga ditaksir kerugian mencapai Rp 6,7 juta.

Dengan musibah itu, langsung dilaporkan ke Mapolsek Sragi. Sedangkan anggota yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom ketika dikonfirmasi membenarkan. Menurutnya, dengan adanya laporan anggota langsung melakukam penyelidikan dan memintai keterangan sejumlah. Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi, anggota menyita barang bukti yang terkait dengan peristiwa tersebut.

“Setelah melakukan penyelidikan yang di back up unit buser Polres Pekalongan, berhasil mengamankan barang bukti berupa handphone merk Samsung J3 dari seorang saksi,” terangnya.

Namun lanjut dia, ketika dimintai keterangan bahwa diperoleh info bahwa HP tersebut didapat dari Sunaryo (48) alamat alamat Dukuh Bojongireng Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran. Dan ternyata alamat kontrakan tersangka ada di Kelurahan Gumawang, Wiradesa Kab. Pekalongan. Kemudian Barang bukti berupa handphone merk samsung J3 warna putih, dilakukan penyitaan

” Selanjutnya Sabtu 01 September 2018 sekira pukul 09.15 wib diperoleh informasi bahwa Sunaryo berada di kamar kost di Kelurahan Manyaran, Wiradesa selanjutnya unit reskrim Polsek di back up Tim buser Poles Pekalongan melakukan penangkapan terhadap tersangka,” lanjutnya.

Adapun atas perbuatanya tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman kurungan maksimal 7 tahun penjara.(Yon-Y.Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed