oleh

Sosialisasi Pilkades Desa Karangsari Dihadiri Forkompincam Karanganyar

Polres Pekalongan – Forkompincam (Forum Komukinasi Pimpinan Kecamatan) Karanganyar diantaranya Camat Karanganyar Drs. Ilyas Setiyono, Kapolsek Karanganyar AKP Akhmad Taukhid, S.H dan Danramil Karanganyar Kapten Sidi, Babinkamtibmas Brigadir Ardi Gunawan menghadiri sosialisasi Pilkades Desa Karangsari. Hadir pula Kepala Desa Karangsari Akhwan Irfandi, ketua BPD Sigit Dwijoto Putranto serta para tamu undangan, Senin (05/08/2019) pukul 20.00 wib.

Dalam kesempatan tersebut, ketua P2KD Desa Karangsari H. Sayuti Sail mengucapkan terima kasih kepada Forkompincam Karanganyar serta tamu undangan yang hadir. “Perlu diketahui pilkades tahun ini yang dilakukan secara serentak berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun ini setiap pedukuhan surat suara berbeda warnanya dan agar masyarakat bisa mengikuti sosialisasi supaya bisa jelas dan paham dalam tahapan pilkades,” ujarnya.

 Sayuti berharap para calon Kepala Desa yang mendaftar sebagai calon kades merupakan orang – orang yang berkwalitas sehingga dapat memimpin Desa Karangsari dengan baik.

Kepala Desa Karangsari menjelaskan bahwa pada kesempatan sosialisasi yang baik ini supaya warga Desa Karangsari paham tentang adanya beberapa poin – poin tentang aturan baru pilkades dan selanjutnya agar yang hadir dalam sosialiasasi ini menyampaikan kepada yang tidak hadir sehingga diharapkan warga Desa Karangsari paham dari aturan – aturan tersebut.

“Bahwa Pilkades merupakan hal yang rutin dan pasti dilaksanakan karena merupakan aturan dalam negara demokrasi dan diharapkan dengan adanya pilkades warga Desa Karangsari tetap damai pilihan boleh beda perdamaian dan kerukunan yang utama,” katanya.

Sementara itu, Camat Karanganyar dalam sambutanya menyampaikan dalam pilkades serentak tahun 2019 banyak aturan dan ketentuan sesuai Undang Undang Desa No.6 Tahun 2014, kemudian sesuai Perbub No.31 Tahun 2015 tentang tata cara kampanye yang berbunyi tidak diperbolehkan bagi calon Kades melakukan money Politic ( pasal 35 ayat 1) adapun ayat 2 berbunyi apabila terbukti, melanggar aturan tsb maka akan dilakukan diskualifikasi, adapun mekanisme pengaduan sesuai Perbub pasal 31 yang berhak melaporkan tindak pelanggaran tersebut adalah mereka yang mempunyai hak pilih, kemudian laporan harus jelas dari identitas lengkap pelapor dan terlapor, uraian kejadian, waktu penyampaian laporan 1×24 jam apabila melebihi waktu yg ditentukan maka dinyatakan batal demi Hukum, Perbu No.21 Tahun 2018 pasal 2 bahwa waktu pemilihan Pilkades serentak ditentukan oleh Bupati yang pelaksanaanya pada hari Rabu, tanggal 13 November 2019.

Kapolsek Karanganyar AKP Akhmad Taukhid yang hadir dalam sosiali tersebut mengatakan dalam tahapan Pilkades Polri mengutamakan dari segi Keamanan yaitu yang berkaitann dengan Perbub No.31 tahun 2015 tentang tata cara kampanye.

“Dalam hal ini Polri sesuai pasal 13 UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum serta melayani/ melindungi dan mengayomi  masyarakat, kemudian dalam pelaksanaan Pilkades apabila terbukti melakukam politik uang / suap  maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku,” ujar Kapolsek. (alex)

Editor : Humas Polres Pekalongan

DOWNLOAD APK KAMI KLIK BAWAH INI

Komentar

News Feed