oleh

Sat Sabhara Melaksanakan Latihan Penggunaan Road Blocker

Polres Pekalongan – Sat Sabhara Polres Pekalongan memiliki alat untuk menghentikan pelaku kejahatan yang melarikan diri saat dikejar. Alat tersebut diberi nama Road Blocker (Stinger spike system) . Bentuknya menyerupai ranjau paku besi yang berfungsi memperlambat pelarian dari pelaku tindak pidana yang menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Cara kerja alat ini adalah meledakkan ban dari kendaraan pelaku tindak pidana setelah kendaraan menginjak pipa paku dari alat ini, sehingga kendaraan tersebut akan oleng bahkan berhenti karena kehabisan tekanan angin.

Pelatihan penggunaan Road Blocker juga dilakukan agar anggota paham cara penggunaan dan fungsinya. Latihan penggunaan Road Blocker dilakukan di halaman Mapolres Pekalongan.

AKP Prisandi Tiar, S.T., S.Kom, menjelaskan tugas Sabhara memang tak lepas dari pengaturan, patroli, penjagaan, pengamanan hingga tim reaksi cepat urai massa. Beliau berharap pasukan Sabhara terdepan untuk mengatasi bentuk tindakan kejahatan. Salah satunya dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM). “Alat ini juga mampu menghadang dan menghentikan pelaku kejahatan yang menggunakan kendaraan dan tidak mau diberhentikan Polisi.,” sebutnya. (KD1)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed