oleh

Sat Binmas Polres Pekalongan Memberikan Edukasi Bagaimana Menjaga Jarak Ketika Membeli Makanan Di Warung Atau Kedai

-Sat Binmas-72 views

Polres Pekalongan – Polri menghimbauan penggunaan frasa “Social Distancing” menjadi “Physical Distanding” Alasan penggunaan frasa ini adalah demi mengklarifikasi bahwa ada perintah untuk berdiam diri di rumah demi mencegah virus corona. Namun bukan berarti kita memutus kontak dengan teman atau keluarga secara sosial. Dengan penggunaan frasa physical distancing, diharapkan imbauan yang dikeluarkan WHO melalui Maklumat Kapolri lebih jelas, yakni menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit tidak menyebar, Selasa (14/04/2020).

Awalnya pemerintah menggunakan istilah social distancing untuk menghimbau masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona. Namun, hal itu menjadi bahasa paling populer di kalangan masyarakat luas. Padahal makna itu sendiri bukan untuk pembatasan diri yang berlebihan, kamu masih dapat melakukan dengan menjaga jarak fisik di lingkungan sosial dengan Physical Distancing saat ini.ujar Ipda Kusdianto kepada pemilik kedai.

Social distancing dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai pembatasan sosial. Sedangkan Physical Distancing bisa diartikan dengan menjaga jarak fisik minimal 1 meter antara 1 orang dengan orang yang lain, Keduanya memang memiliki frasa yang bisa diartikan sebagai upaya menjaga jarak untuk menghentikan atau meredam penyebaran penyakit menular.

Ipda Kusdianto menjelaskan dengan menjaga jarak fisik dari orang lain, hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang yang lain. Namun, menjaga jarak fisik bukan berarti kamu memutus hubungan sosial dengan orang yang kita cintai, baik itu dari keluarga, sahabat, teman, dan pasangan. Alasan itulah yang menguatkan frasa social distancing diubah menjadi physical distancing. Agar kita menjaga saling jarak fisik, bukan jarak sosial.

“Imbauan untuk tetap memakai masker ketika keluar rumah pada saat ada keperluan mendesak saja dan berada di rumah selama pandemi virus Corona, bukan tentang memutuskan kontak dengan keluarga, kerabat, teman, maupun sahabat, melainkan lebih dalam konteks menjaga jarak secara fisik untuk memastikan penyakit COVID-19 tidak menyebar,” Ucap Ipda Kusdianto.

Editor : Humas Polres Pekalongan.

Komentar

News Feed