oleh

Rutinitas Solasa Polsek Kedungwuni

Polres Pekalongan – Bagi orang Jawa (Jawa Tengah) memiliki sistem pasaran dino atau pasaran hari, yaitu “pon, wage, kliwon, legi dan pahing”. Di Kedungwuni, hari yang paling dinanti – nanti yaitu hari Jumat dengan rangkap pasaran kliwon, atau Jumat kliwon. Karena menurut tradisi orang jawa, Jumat Kliwon merupakan hari yang sakral dan penuh berkah. Polsek Kedungwuni pun tidak ingin menyia – nyiakan momen Jumat Kliwon yang hanya ada dalam sebulan sekali. Maka, Kapolsek Kedungwuni, AKP Kalung Muktiana, S.Sos.,M.M mengajak anggota Polsek Kedungwuni untuk melaksanakan olahraga sambil beramal atau berbagi rejeki. Beliau menggunakan istilah SOLASA.

Solasa merupakan kegiatan terobosan kreatif Polsek Kedungwuni sebagai sarana berbagi rejeki kepada mereka yang membutuhkan. Solasa adalah sodaqoh langsung sasaran, artinya berbagi rejeki mengarah langsung kepada yang membutuhkan. AKP Kalung mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anggota Polsek Kedungwuni agar mempunyai rasa empati, menyisihkan sebagian rejeki pribadi masing – masing untuk berbagi kepada yang membutuhkan dan sekaligus sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat / warga yang tidak mampu. Solasa dilaksanakan setiap Jumat Kliwon dengan kemasan Berolahraga jalan sehat Sambil Solasa, karena pada hari Jumat Kliwon, di Kedungwuni hampir sebagian besar warga kecamatan Kedungwuni datang berduyun – duyun ke tempat – tempat keramaian seperti pasar dan lapangan Bebekan / alun – alun Kedungwuni.

“Jadi seperti peribahasa sambil menyelam minum air, kami melaksanakan olahraga untuk menjaga kesehatan, sambil bersodaqoh untuk saling berbagi dengan warga / masyarakat yang tidak mampu,” ungkapnya. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan murni dan ikhlas dari masing – masing pribadi anggota, tidak ada maksud untuk pencitraan apalagi mencari sensasi untuk mendapatkan pujian.

Dalam membagikan rejeki kepada warga / masyarakat yang tidak mampu, Kapolsek Kedungwuni dan anggota juga menyampaikan pesan – pesan kamtibmas dan menghimbau kepada warga untuk bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya. Karena Polisi tanpa bantuan dan peran serta warga masyarakat, akan sulit untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban. Tak lupa, disampaikan juga pesan – pesan kamtibmas yang berkaitan dengan pemilu, karena sebantar lagi akan diadakan pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Agar warga masyarakat menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani masing – masing. Dan jangan mudah terpancing oleh berita – berita yang tidak sesuai dengan fakta / berita Hoax yang belakangan ini banyak beredar di media elektronik dan media sosial. Dan terakhir, menghimbau agar warga terutama pengguna ponsel pintar / smartphone untuk bijaksana dalam menggunakan internet dan ber-media sosial, karena peribahasa di jaman sekarang ini, bukan lagi mulutmu harimaumu, akan tetapi jarimu harimaumu. (Lan)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed