oleh

Puluhan Sopir Dicek Kesehatan dan Kelaikan Kendaraan

-Giat Ops-522 views

Polres Pekalongan – Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang melibatkan angkutan umum dan bus pariwisata, puluhan sopir dan kendaraan dilakukan cek kesehatan serta kelaikan kendaraan di Garasi PO Ababil Wonopringgo.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Ari Prayitno mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah terciptanya kamseltibcarlantas dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalulintas yang melibatkan bus angkutan umum.

“Dalam kegiatan ini diikuti oleh, Kanit Dikyasa, Kanit Patroli, anggota satlantas, Personil Dokkes Polres Pekalongan dan anggota Dishub Kabupaten Pekalongan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Selama kegiatan ini dilaksanakan, para sopir dan awak bus pariwisata diberikan arahan dan pesan-pesan kamseltibcarlantas agar selalu mengutamakan keselamatan di Jalan.

“Untuk pelaksanaan pemeriksaan kendaraan (rump check) oleh personil lalulintas dan dishub pada kendaraan bus pariwisata PO Ababil Wonopringgo, memperhatikan 3 unsur penting dalam pemeriksaan yaitu administrasi, teknis dan penunjang.

“Administrasi yang dimaksud seperti SIM, STNK, buku KIR, kartu pengawasan dan surat ijin trayek yang masih berlaku. Teknis berupa pemeriksaan kondisi kelayakan kendaraan rem, klakson, lampu, ban, dan lain sebagainya. Sedang penunjang yaitu pengukur kecepatan atau spidometer, sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan wiper, kaca spion dan klakson,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, akan diberikan sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi. Jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang.

“Sementara untuk pelaksanaan check kesehatan oleh dinas kesehatan dan personil dokkes Polres Pekalongan kepada para sopir Po Bus Ababil Wonopringgo melaksanakan cek tes urin dan tes alkohol kepada para sopir. ,” tandasnya. (SM-Y.Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed