oleh

Polsek Wiradesa Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Kemungkinan Terjadi Bencana

Polres Pekalongan – Dengan cuaca ektrem yang berlangsung dan di wilayan selatan Kabupaten Pekalongan telah menimbulkan Pohon tumbang , Tanah longsor dan Air sungai yang meluap dengan arusnya yang deras dan memutus jembatan.

Kapolres Pekalongan AKBP. Wawan Kurniawan, SH, S.I.K, M.Si melalui Kabag Ops Kompol. M. Udjir ,S.H telah memerintahkan semua jajarannya untuk melaksanakan peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana di wilayah masing masing maupun pengerahan pasukan jika sewaktu waktu dibutuhkan.

Dari perintah yang ada Kapolsek Wiradesa AKP. Yorisa Prabowo, S.Pd memerintahkan kepada anggotanya melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya bencana dari luapan air sungai sengkarang yang tergolong besar dan bisa menimbulkan kerawanan jika ada tanggul yang jebol maupun meluap hingga masuk ke pemukiman warga masyarakat yang berbatasan dengan aliran sungai

Karena di Wilayah Wiradesa dibeberapa hari terakhir hujan berlangsung deras serta telah mendengar kabar jika di wilayah selatan Kabupaten Pekalongan arus deras air sungai telah memutus satu jembatan , maka petugas piket malam yakni Ka SPK I Aiptu Kriadiyanto dan Kanit Sabhara Bripka Tri Budi dalam kegiatan patroli blue light nya memantau keadaan debit air sungai sengkarang Jum’at,(16/2/18) pukul 00.30 WIB.

Saat di pinggir sungai sengkarang dua petugas patroli blue light Polsek Wiradesa tersebut mendapati jika aliran air sungai memang deras namun debit air sudah menurun sekira 75 cm dari pemantauan terakhir pukul 19.00 WIB dimana air sudah melimpah melebihi tanggul yang sebelah timur dan air sungai sempat mengalir ke wilayah daratan (wilayah Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan).

Setelah beberapa saat melakukan pemantauan air sungai sengkarang yang masih dalam keadaan aman kemudian kegiatan patroli blue light dilanjutkan memantau obvit yang ada di jalur pantura.

“saya sengaja memerintahkan anggota yang piket selain memantau situasi kamtibmas jalur pantura saat “blue light patrol” juga agar melihat debit air di sungai sengkarang, agar saat debit air dalam kondisi batas normal kita bisa antisipasi dini untuk memberitahukan warga desa yang bermukim dipinggir aliran sungai sengkarang”terang Kapolsek.(martikno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

 

Komentar

News Feed