oleh

Polsek Wiradesa Mediasi Warga Desa Wiradesa Yang Keluhkan Jalan Rusak Akibat Truk Pengangkut Tanah Proyek Tol

Polres Pekalongan – Dalam kegiatan patroli anggota Polsek Wiradesa menemui kegiatan demo warga Ds. Wiradesa / Ketandan Jumat, (26/1/18) pukul 21.15 WIB.

Kegiatan patroli yang dipimpin Ka SPK 2 Aiptu Erik Hantoko diperjalanan menemui adanya warga Ds.Wiradesa (Ketandan) yang melakukan aksi di jalan raya wilayah desa untuk menghentikan Dum Truk pengangkut tanah yang digunakan untuk jalan tol.

Kegiatan aksi demo dikuti oleh sekira 50 warga disebabkan karena dengan kondisi jalan raya yang melewati wilayah desanya mengalami rusak parah karena dilalui truk pembawa tanah untuk proyek jalan tol namun tidak segera diperbaiki dan warga Ds.Wiradesa (Ketandan) merasa dirugikan baik materi maupun kesehatannya dari dampak panjang kegiatan lalulalang dam Truk tersebut.

Kegiatan aksi demo yang dilakukan adalah meletakkan kayu pada lubang jalan dan menghadang untuk menghentikan Dum Truk pembawa tanah yang melewati jalan raya wilayah Ds.Wiradesa (Ketandan).

Dengan melihat kegiatan demo tersebut kemudian Bhabinkamtibmas Bripka Andang Deky Wijaya beserta anggota Polsek Wiradesa yang melaksanakan patroli menemui Kades bapak H. Supono.

Dikesempatan itu kemudian disampaikan kepada Kades bapak H. Supono agar situasi demo warga nya bisa berjalan lancar dengan tidak ada perbuatan yang anarki yang dilakukan dimana selanjutnya Kades meneruskan hal itu kepada warga nya.

Selanjutnya setelah dari pihak PT. SMJ selaku penanggung jawab proyek yang diwakili oleh Bp.Yoyok Edy Susilo, S.H datang kemudian dilakukan mediasi bersama warga Ds. Wiradesa (Ketandan) yang dipimpin Kades bapak H. Supono dan dari Polsek Wiradesa mediator oleh Kapospol Wonokerto IPTU Jamaludin bertempat di kantor balai desa Wiradesa.

Kegiatan mediasi berjalan lancar dan selesai dengan pihak PT. SMJ membuat dan menanda tangani surat pernyataan yang intinya berisi sbb :
1. PT.SMJ akan memberikan ganti kerugian material maupun dampak berkepanjangan seperti rusaknya bangunan dan kesehatan warga.
2. PT. SMJ akan mulai melakukan perbaikan jalan raya di wlayah Ds. Wiradesa yang rusak mulai Selasa, 30-1-2018.
3. Besaran kompendasi sebagaimana poin 1 diatas akan ditentukan pada pertemuan antara warga Ds.Wiradesa dan PT. SMJ pada Senin, 29-1-2018 pukul 09.00 wib.

Dan sebelum acara mediasi ditutup IPTU Jamaludin menitipkan pesan agar kesepakatan yang telah tertuang dalam Surat Pernyataan benar benar dapat dilaksanakan agar tidak terjadi lagi kegiatan demo warga masyarakat yang akhirnya akan merugikan banyak pihak.(martikno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed