oleh

Polsek Wiradesa Lakukan Sosialisasi Penggunaan Gas Elpiji 3 Kg

Polres Pekalongan – Kanit Reskrim Polsek Wiradesa Bripka Anton Purnomo, S.H dan dua anggotanya melaksanakan sosialisasi penggunaan gas elpiji 3 Kg /Tabung melon, Rabu (3/1/2018).

Kegiatan sosialisasi tersebut berdasarkan UU Perdagangan No.20 Th. 2008 Pasal 6 ayat 1 tentang UMKM dan PERMEN ESDM No. 26 Th. 2009 dan rancangan peraturan penggunaan gas elpiji oleh rumah tangga miskin, UMK kecil dan Nelayan.

Bahwa dalam peraturan pemerintah yang ada tabung gas elpiji 3 Kg bisa digunakan oleh masyarakat usaha dengan batasan kekayaan bersih Rp. 50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Selain itu untuk hasil usaha maksimal Rp. 300.000.000,- /tahun, omset maksimal Rp.25.000.000,- /bulan atau Rp. 850.000,- /hari.

Jenis usaha yang bisa menggunakannya adalah usaha warung makan, restoran dan katering. Laundry, peternakan dan usaha lain yang menggunakan elpiji.

Pesan Kapolsek Wiradesa AKP Yorisa Prabowo, S.Pd bahwa pelaksanakan kegiatan sosialisasi dan pengecekan di tempat usaha pengguna elpiji disamping sebagai data awal maupun bekal tindakan Kepolisian selanjutnya apabila pada waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah masih ada pengusaha yang menyalahi peraturan undang-undang yang ada.

Kegiatan dimulai dari rumah makan Barokah Jl. Majen S. Parman No. 4 Wiradesa, An. pemilik H. Sahuri, 65 Th dengan hasil pengecekan usaha RM. Barokah dengan hasil kotor rata rata Rp. 3.500.000,- / hari, menggunakan tabung gas elpiji 12 Kg rata-rata 3 tabung / hari dan menggunakan gas elpiji sejak Th. 2010. Sementara itu di tempat usaha Laundry Qu milik Sdr. Sukron yang berlokasi di Jl. Hasyim Ashari Kel. Kepatihan Wiradesa didapatkan hasil kotor Rp. 500.000,- /hari dan menggunakan gas elpiji 3 Kg (tabung melon) / 1 tabung /hari.

Dari pengecekan kedua usaha masyarakat tersebut termasuk pada kategori bukan penyalahgunaan tabung gas elpiji 3 Kg sebagaimana Peraturan Pemerintah yang ada, namun Bripka Anton Purnomo, S.H tetap memberikan pemahaman agar sosialisasi bisa tersebar oleh pihak pengusaha tersebut kepada pengusaha lainnya. (martikno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed