oleh

Polsek Paninggaran Tegur dan Berikan Upaya Himbauan Kepada Pelaksana Proyek Galian Tanah

Polres Pekalongan – Polsek Paninggaran sebagai kepolisiam sektor pada wilayah kecamatan paninggaran terus berupaya melaksanakan kegiatan himbauan, pencegahan bahakan akan melakukan upaya represif/ penegakan hukum dalam bidang binharkamtibmas di wilayahnya.

Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis bersama anggota berkomitmen untuk selalu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat paninggaran khusunya dalam berbagai kegiatan masyarakat, termasuk aktifitas bidang usaha masyarakat yang memiliki dampak serta potensi resiko pada gangguan kamtibmas.

Kapolsek Paninggaran memimpin langsung kegiatan patroli khusus dengan sasaran aktifitas bidang usaha penambangan/ galian tanah di sepanjang jalan raya Paninggaran – Kab. Banjarnegara masuk wilayah Desa Tenogo dan Desa Domiyang, Senin (30/11/2020).

Terdapat 2/ dua titik lokasi galian/ penambangan, aktifitas galian tersebut seluruhnya di pinggir jalan raya. Kegiatan penggalian tersebut menggunakan alat eskavator pada masing – masing lokasi, terdapat truck dam sebagai alat angkut pada masing – masing lokasi galian, tanah tersebut nantinya akan dibawa ke lokasi Desa Domiyang untuk bahan pengurugan/ ditimbun. Dampak yang dapat dilihat serta dirasakan adalah berupa ceceran tanah galian yang menutupi jalan raya beraspal, dan saat ini memasuki musim penghujan. Jalan raya tersebut selama ini termasuk jalur provinsi yang cukup padat, banyak aktifitas masyarakat melalui jalan tersebut, oleh karena menghubungkan wilayah kabupaten pekalongan – kabupaten banjarnegara.

Polsek paninggaran selama ini dari sejak awal aktifitas usaha galian tersebut beroperasi, memandang terdapat potensi kerawanan seperti dapat terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berakibat menimbulkan korban jiwa, ditambah sampai dengan saat ini terdapat keluhan serta masukan dari warga masyarakat yang merasa resah dan terganggu kenyamanannya akibat yang ditimbulkan aktifitas galian tersebut, bahkan pernah terjadi kecelakaan lalu lintas yang dialami warga oleh karena dugaan sebab melalui jalan tersebut yang menjadi licin disaat hujan turun.

Selanjutnya kegiatan patroli dan himbauan telah dilakukan secara rutin oleh polsek paninggaran kepada pelaksana dan pemilik, bahkan pada kesempatan patroli tersebut Kapolsek Paninggaran telah menegur pihak pemilik dan pelaksana lapangan agar selalu memperhatikan dampak ceceran tanah dan menegaskan kepada pelaksana untuk rutin membersihkan ceceran tanah di sepanjang akses jalan raya.

Kapolsek menegaskan kepada pemilik dan pelaksanaan, apabila dalam waktu dekat ini tidak mematuhi aturan yang berlaku dan tidak mematuhi himbauan dari pihak berwajib, makan akan dilakukan upaya terahir yaitu upaya represif/ penegakan hukum terhadap segala aktifitas, perbuatan dan terhadap pihak pemilik serta pelaksana, apabila setelah dilakukan upaya persuasif, imbauan tidak dilaksanakan dan dijalankan.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed