oleh

Polsek Paninggaran Patroli Dan Monitoring Adanya Kekurangan Air Bersih di Desa Kaliboja

Polres Pekalongan – Personil Polsek Paninggaran yang terdiri dari Kanit Intelkam Aipda Ali Sodikin, Kanit Binmas Bripka Carno dan Bhabinkamtibmas Brigadir Pungkas Kurniawan melaksanakan patroli dan monitoring terkait adanya kekurangan air bersih di Dukuh Semboja Barat dan Dukuh Semboja Timur Desa Kaliboja Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan.

Menurut informasi bahwa kekurangan air bersih di Dukuh Semboja Timur dan Dukuh Semboja Barat Desa Kaliboja dimulai sekitar bulan September 2019 atau sudah hampir tiga bulan yang lalu disebabkan karena kemarau panjang dan sumber mata air Secode berkurang debit airnya,untuk Dukuh Kaligenteng Desa Kaliboja tidak kekurangan air bersih dikarenakan mengambil air dari sumber mata air Sula dengan debit air yang masih besar.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Dukuh Semboja Barat dan Dukuh Semboja Timur mengambil air di Dukuh Kaligenteng dengan cara menggunakan Kbm Mitshubisi L300 dengan memodifikasi bak belakang Kbm L300 diberi terpal untuk menampung air kemudian didroping ke warga yang sudah menunggu dipinggir jalan dengan ember dan jirigen, sementara terdapat 4 (empat) unit mobil Mitshubisi L300 untuk droping air bersih secara bergilir.

Warga yang terdampak akibat kekurangan air bersih di Dukuh Semboja Barat dan Dukuh Semboja Timur Desa Kaliboja sebanyak 450 KK.

Keterangan dari Tokoh Masyarakat Desa Kaliboja H. Sugiarto bahwa untuk penanganan terhadap kekurangan air bersih di Dukuh Semboja Barat dan Dukuh Semboja Timur Desa Kaliboja dengan cara jangka pendek mendroping air bersih dengan menggunakan Kbm Mitshubisi L300. Tahap jangka panjang dengan memindah sumber mata air dari Secode yang sudah mengecil ke sumber mata air Sijeruk yang masih besar dengan membutuhkan  pipa air atau paralon 3 inchi sebanyak 750 batang (harga paralon Rp. 150.000 /batang).

Warga Kaliboja menghendaki adanya bantuan droping air bersih dari Pemkab Pekalongan melalui BPBD Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan mobil tangki air bersih. (humas_pngrn)

Editor : Humas Polres Pekalongan.

Komentar

News Feed