oleh

Polsek Doro Bersama Puskesmas Doro 1 Laksanakan Sosialisasi Cegah Virus Corona

-Polsek Doro-286 views

Polres Pekalongan – Penyebaran virus corona atau covid-19 menjadi momok karena sudah menginspeksi puluhan ribu orang di ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia, Hal itu membuat sejumlah pihak melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebarannya.

Hal itu juga dilakukan oleh Polsek Doro Polres Pekalongan bersama Puskesmas Doro 1 dengan cara melakukan penyuluhan dan sosialisasi pencegahan virus corona kepada Para siswa siswi beserta para guru SMPN 01 Doro, Jumat (13/03/2020).

Kapolsek Doro AKP Aries Tri Hartanto, S.H., M.H mengatakan bahwa sudah puluhan orang di Indonesia terjangkit virus Corona dan virus corona ini sangat cepat menyebar sehingga hal tersebut perlu kita antisipasi penyebaranya. “Para siswa-siswi perlu diberikan pemahaman cara pencegahannya sehingga diharapkan nantinya bisa menyampaikan kepada orang tua mereka,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga untuk membuka wawasan bagi para siswa siswi maupun para guru yang hadir dalam kegiatan, disamping itu juga supaya mereka tau bagaimana cara pencegahan virus corona,” tambah Kapolsek.

Infeksi virus Corona atau Covid-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu Demam,Batuk,Sesak napas.  Menurut penelitian, gejala Covid-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Seseorang dapat tertular Covid-19 melalui berbagai cara, diantaranya tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita Covid-19, memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita Covid-19 dan kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Dalam kegiatan sosialisasi pencegahan Virus Corona tersebut para siswa siswi di ajari bagaimana cara mencuci tangan yang benar, dan apabila mau makan ataupun minum di anjurkan mencuci tangan terlebih dahulu. (tejo)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed