oleh

Polres Pekalongan Terjunkan Tim Jibom Brimob Untuk Sterilisasi  Gereja Di Wilayah Kab. Pekalongan

-Giat Ops-217 views

Polres Pekalongan – Personel gabungan Sat Sabhara Polres Pekalongan dan Brimob Detasemen B Pelopor Pekalongan mulai melakukan sterilisasi sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Pekalongan menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Selasa (24/12/2019)

Sterilisasi dilakukan dengan cara mengecek dan menyisir berbagai sudut di dalam maupun ruangan gereja. Penyisiran dilengkapi dengan metal detector dan anjing pelacak. Polisi juga mengerahkan satu unit kendaraan lapis baja jenis Barracuda.

Hal ini dimaksudkan untuk menjamin pelaksanaan perayaan Natal dan tahun baru berjalan aman dan lancar.

Penyisiran pertama dilakukan di Gereja Santo Yohanes dan gereja Emanuel Karanganyar Kecamatan Karanganyar dan selanjutnya tim menuju ke gereja Pantekosta Kedungwuni Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si melalui Kasubbag Humas Iptu Akrom, S.Sos.I menjelaskan, di wilayah Kabupaten Pekalongan terdapat belasan gereja. Nantinya, seluruh gereja tersebut akan disterilkan terlebih dahulu agar perayaan Natal berlangsung aman dan lancar.

Lebih lanjut Kasubbag Humas mengatakan bahwa sementara ini sterilisasi dilakukan secara selektif prioritas. Gereja yang besar dan gereja yang akan digunakan untuk kebaktian (ibadah) dahulu yang akan dilakukan pengecekan. Nanti ke depan akan kita sterilkan semua, dibantu oleh anggota Brimob.

“Nantinya Sterilisasi akan dilakukan beberapa jam sebelum pelaksanaan ibadah saat Natal mendatang. Setelah disterilkan, siapapun tidak boleh masuk. Semua pengunjung juga akan diperiksa berikut barang bawaannya untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan,” jelasnya.

Ditambahkan Kasubbag Humas bahwa pemetaan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru akan tetap dilakukan, meskipun situasi Kabupaten Pekalongan terpantau aman.

“Kita tidak boleh under estimate. Kita tetap siap siaga walaupun situasi aman dan tenang,” tandasnya.

Untuk itu kami dari pihak Kepolisian mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui ada indikasi yang bisa menyebabkan gangguan keamanan, supaya segera lapor ke kita. Pastinya, petugas juga tidak akan ragu-ragu mengambil tindakan tegas apabila ada indikasi gangguan kamtibmas jelang natal dan tahun baru, imbuh Kasubbag Humas. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

 

Komentar

News Feed