oleh

Polres Pekalongan Laksanakan Pengamanan Penertiban APK

-Giat Ops-37 views

Polres Pekalongan  – Penggunaan dan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dalam pelaksanaan Pemilu sudah diatur dalam Undang-Undang Pemilu. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat pihak-pihak yang belum mematuhi aturan tersebut. Untuk menertibkan hal itu, Selasa (15/1/2019) Bawaslu Kabupaten Pekalongan bersama Satpol PP Kabupaten Pekalongan, Panwas dari masing-masing Kecamatan dan PPD  Kecamatan melaksanakan penertiban.

Kepolisian Resor Pekalongan selaku penanggung jawab keamanan wilayah, turut serta untuk mengamankan kegiatan penertiban APK (alat peraga Kampanye) tersebut.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kepala Bagian Operasional Kompol G.N. Simatupang menyampaikan bahwa Polres Pekalongan hanya melakukan pengamanan, sehingga penertiban alat peraga dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Lebih lanjut, Simatupang mengatakan kewenangan penertiban di wilayah Kabupaten Pekalongan merupakan wewenang Bawaslu Kabupaten Pekalongan. Namun demikian, pihaknya siap membantu dalam pengamanannya sehingga pelaksanaan tahapan-tahapan pemilu dapat terlaksana dengan baik.

“Kita selalu siap memberikan pengamanan. Kita back up full hingga pelaksanaan pemilu berjalan lancar,” tegas Kompol Simatupang.

Sementara itu, kegiatan lokasi penertiban APK Pemilu 2019 meliputi wilayah Kecamatan Kajen, Kesesi, Sragi, Wonopringgo dan Bojong. Hasil pembersihan APK yang tidak sesuai dengan peraturan sebanyak 456 buah, dengan rincian spanduk baner / MMT sebanyak 5 buah, bendera sebanyak 423 buah dan baliho sebanyak 28 buah. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed