oleh

Polres Pekalongan Kerahkan Ratusan Personil Dalam Pengamanan Upacara Tradisi Sawalan Megana Gunungan Di Linggo Asri

-Giat Ops-296 views

Polres Pekalongan – Ribuan pengunjung warga Kabupaten Pekalongan, pada h+7 atau bertepatan dengan tanggal 7 Syawal 1439 Hijriah, memadati obyek wisata Linggo Asri, Kajen, Kabupaten Pekalongan untuk merayakan Hari Raya Syawal, atau 7 hari setelah Hari Raya Lebaran, Sabtu (23/6/2018) pagi tadi.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta kirab budaya termasuk sego megono gunungan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, S.H. M.Si  dari halaman Kantor Kepala Desa Linggo Asri. Selanjutnya peserta kirab akan finish di obyek wisata Linggo Asri dan sego megono gunungan akan diperebutkan oleh masyarakat yang telah menunggu sejak pagi tadi. Di tempat ini pula telah menunggu Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si, unsur Muspida, Sekda beserta jajarannya.

Ribuan warga sengaja datang untuk berebut makanan khas daerah setempat berupa Nasi Megono dalam bentuk gunungan. Bukan hanya warga lokal saja, namun tradisi Syawalan ini juga di kunjungi oleh warga dari luar Kabupaten Pekalongan, seperti Pemalang, Batang dan Banjarnegara.

Sebelum Nasi Megono gunungan menjadi rebutan, para pengunjung di tempat wisata alam Linggo Asri juga disuguhi pertunjukan tarian khas pesisir pantura, yang dimainkan para seniman Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si dalam sambutannya mengajak kita untuk menjadikan acara Syawalan sebagai ajang bersilaturahmi, berkumpul bersama dan saling berbagai kepada sesama.

Menurutnya, kegiatan Syawalan adalah tradisi yang bagus yang perlu dipertahankan karena mengandung beberapa makna seperti sebagai wahana untuk ajang silaturahmi diantara jajaran Pemerintah dengan masyarakat. “Disamping itu, tradisi Syawalan ini juga bagus dalam rangka untuk mengembangkan potensi daerah Kabupaten Pekalongan,” tuturnya.

Ditempat terpisah menurut Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si, melalui Kasat Sabhara AKP Prisandi Tiar, S.T., S.Kom mengatakan, untuk menjaga agar kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar, pihak kepolisian menerjunkan ratusan personil yang di sebar  di titik-titik yang dianggap rawan.

“Kami sudah menempatkan personil di titik-titik yang dianggap rawan, kami berharap dengan dengan kehadiran kami nantinya rangkaian kegiatan tradisi sawalan gunungan megana di linggo asri ini bisa berjalan dengan aman,” ucap AKP Prisandy Tiar. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed