Beranda Giat Ops Polres Pekalongan Kawal 2.000 Pemuda Muhammadiyah Yang Gelar Aksi Solidaritas Rohingya

Polres Pekalongan Kawal 2.000 Pemuda Muhammadiyah Yang Gelar Aksi Solidaritas Rohingya

73
BERBAGI

Polres Pekalongan – Sekitar 2.000 pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan baik pelajar maupun umum, menggelar aksi solidaritas terhadap warga Rohingya. Solidaritas tersebut, diwujudkan dalam aksi long march dan penggalangan dana di Jalan Raya Pahlawan Kajen Kabupaten Pekalongan kemarin.

Koordinator aksi, Fakhrudin Eko, kepada awak media mengatakan, aksi solidaritas yang di­langsungkan ini un­tuk menggalang dana dan menyerukan sel­uruh elemen agar aktif mendorong dunia in­ternasional lebih proaktif menangani keja­hatan kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

“Kami mengutuk tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Myanmar,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan aksi ini berlangsung tertib, namun tetap dikawal ketat aparat Polres Pekalongan. Massa sebelumnya juga telah melakukan doa bersama di Masjid Siti Khuzaimah. “Dana yang terkumpul dari aksi ini, akan disalurkan kepada warga Muslim Myanmar, melalui Lazis-Muh,” terang dia.

Menurutnya, isu Rohingya ini bukan lagi masalah agama tapi masalah kemanusiaan. Sehingga warga non muslimpun bisa ikut berpartisipasi aktif. “Alhamdulillah banyak yang ikut dalam aksi solidaritas ini. Baik pemuda Muhammadiyah dari Kajen, Kesesi hingga Bligo. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan bersama bisa terwujud,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, aksi solidaritas ini sudah melakukan pemberitahuan dan dilakukan secara tertib, mulai start hingga finish atau dari Masjid Siti Khuzaimah sampai tugu nol.

“Syukur aksinya berjalan tertib dan tidak mengganggu lalu lintas. Kami menerjunkan sebanyak 80 personil dan mengawal hingga kegiatan selesai,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tidak ada warga di Kota Santri pergi ke Borobudur. Pihaknya mengimbau kepada warga, agar melakukan aksi dengan damai dan lebih positif. “Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkontribusi kepada orang lain yang membutuhkan seperti dengan berdoa bersama di masjid dan penggalangan dana atau seperti pada kesempatan kali ini,” ucapnya. (Y.Er$hi-SM/ Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI