oleh

Polres Pekalongan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Polres Pekalongan – Bertempat di halaman Mapolres Pekalongan telah dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni 2018. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh PJU, Perwira, Bintara dan PNS Polri. Dalam hal ini,  upacara dipimpin oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si yang bertindak sebagai inspektur upacara, Jumat (1/6).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia yang mengingatkan bahwa Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

Lebih lanjut, juga menyampaikan Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Di akhir sambutan, AKBP Wawan Kurniawan mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya.

Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Selamat hari lahir Pancasila!

Kita bersatu!

Kita berbagi!

Kita berprestasi! (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed