oleh

Polres Pekalongan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111

-Giat Ops-139 views

Polres Pekalongan – Pagi tadi, Wakil Kepala Kepolisian Resor Pekalongan Kompol Mashudi, S.H memimpin langsung  upacara peringatah Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019, Senin (20/05).

Upacara yang berlangsung di halaman Mapolres tersebut diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Perwira Polres Pekalongan serta anggota Polres Pekalongan dan Polsek Jajaran juga ASN.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Mashudi yang membacakan sambutan dari Menkominfo mengatakan dalam naskah sumpah pemuda yang ditemukan dalam kitab pararaton tertulis kata “amukti palapa” dan para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan kesenangan diri sang Mahapatih Gajah Mada. Sumpah palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia, wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajahmada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa tersebut, kita dalam situasi pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat, oleh sebab itu tidak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” tutur Wakapolres.

“Alhamdulillah sampai sekarang ini tahapan Pemilu berlangsung lancar, kelancaran ini berkat pengorbanan banyak saudara kita yang menjadi anggota KPPS yang meninggal dunia, sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini,” tambahnya.

Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo, dalam kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan samapi detik ini.

Lebih lanjut, Mashudi menyampaikan dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia, bersama negara besar lainnya, kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja, kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed