Beranda Giat Ops Polres Pekalongan Gelar Silaturahmi dengan Tokoh Pemuda Lintas Agama Se-Kabupaten Pekalongan

Polres Pekalongan Gelar Silaturahmi dengan Tokoh Pemuda Lintas Agama Se-Kabupaten Pekalongan

67
BERBAGI

Polres Pekalongan – Guna menjaga stabilitas Kamtibmas menjelang perayaan natal tahun 2017 dan tahun baru 2018, Polres Pekalongan melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan tokoh pemuda lintas agama se-Kabupaten Pekalongan, Selasa (28/11).

Kegiatan yang bertempat di aula Mapolres Pekalongan tersebut dihadiri Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si, Wakapolres Pekalongan, Kabag, Kasat dan Kasi Polres Pekalongan, ketua FKUB yang diwakili oleh KH. Saiful Bahri, Bhabinkamtibmas perwakilan masing – masing Polsek, anggota FKUB dari masing – masing perwakilan agama dan tokoh pemuda lintas agama.

Silaturahmi dengan tokoh pemuda lintas agama se-Kabupaten Pekalongan ini sendiri diikuti sekitar 50 orang.

Dalam sambutannya Kapolres Pekalongan menyampaikan bahwa pemuda mempunyai moralitas yang tinggi sehingga hal ini bisa menjadi potensi untuk mewujudkan wilayah kab. Pekalongan yang aman dan kondusif. Pemuda harus bisa menjadi Harmonisator atau penyejuk, sebagai inspirator atau pencerah jangan jadi provokator dan jangan jadi pemicu masalah dalam suatu masyarakat.

“Jangan bangga dan terlena dengan situasi kab. Pekalongan yang saat ini aman dan kondusif, namun perlu adanya kewaspadaan dengan melaksanakan hal – hal kecil yang bermafaat seperti halnya dialog perorangan maupun kelompok antar pemuda lintas agama,” ucap AKBP Wawan Kurniawan.

AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si juga menambahkan pembinaan lokal dan internal dari masing – masing agama untuk para pemudanya sehinhga mampu memberikan bekal mental dan spritual yang baik bagi kehidupan beragama dan bermasyarakat. Komunikasi yang intens antara pemuda lintas pemuda agama dengan melaksanakan koordinasi dan biasakan untuk berkonsultasi dengan pihak keamanan baik TNI mapun Polri jika ada permasalahan.

“Jelang hari Natal tahun 2017 kami dari Kepolisian mengharapkan pada para pemuka agama Nasrani yang akan melaksanakan kegiatan ibadah untuk menginformasikan segala kegiatanya, sehingga setiap kegiatan bisa dilaksanakan pengamanannya,” tambahnya.

Sementara itu KH. Saiful Bahri mengapresiasi yang setinggi – tingginya pada Polres Pekalongan yang telah melaksanakan kegiatan silaturahmi ini, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua yang hadir. Pemuda harus punya jiwa semangat yang tinggi untuk memenuhi harapan dan cita – cita bangsa untuk mewujudkan kehidupan yang aman, damai, makmur dan sejahtera.

“Manusia adalah mahluk zone politicon atau mahluk sosial yang membutuhkan orang lain, jadi marilah kita ciptakan keharmonisan dalam hubungan bermasyarakat, nasib Kab. Pekalongan kedepan ada pada pemuda maka kepada mereka pemuda harapan bangsa untuk berusaha yang terbaik dan bekerja keras demi kemajuan Kab. Pekalongan dan bangsa Indonesia” ucapnya.

“Pemuda seperti air terjun yang sangat indah dan semua orang ingin menikmatinya, artinya masa muda itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa sangat indah, namun jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi ancaman dan sebaliknya jika dikelola dengan baik akan menciptakan manfaat bagi orang lain. Kebebasan yang kita punyai tidak menjadi kebebasan yang sebebas – bebasnya namun dibatasi oleh kebebasan dari orang lain yang harus dihargai,” ucap Pendeta Yusuf Sarjono dalam sambutannya.

Sdr. Wasiyo, S.Ag memberikan sambutannya dan dia mengatakan setiap mahkluk hidup mempunyai ahklak dan setiap manusia itu mempunyai sakit, jadi kerukunan itu hal yang biasa. Untuk itu mari kita jaga kebersamaan untuk bisa mengamankan Kab. Pekalongan ini yang lebih bagus lagi. Kita umat Hindu mengajak kepada umat – umat yang lain di Kab. Pekalongan untuk selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan untuk menciptakan situasi yang dinamis dan sejahtera. (ozy)

Humas Polres Pekalongan

BERBAGI