Beranda Giat Ops Polres Pekalongan Gelar Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat SLTP Se-Kabupaten Pekalongan

Polres Pekalongan Gelar Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat SLTP Se-Kabupaten Pekalongan

89
BERBAGI

Tribratanews.pekalongan.jateng.polri.go.id – Kepolisian Resor Pekalongan menggelar Upacara pembukaan lomba Patroli Keamanan Sekolah di Halaman Mapolres Pekalongan, Senin (18/9/2017) tadi pagi.

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Pekalongan Polda Jateng AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si dan dihadiri oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Drs. Joko Watoro, para Kabag, Kasat, Kasi, anggota polres pekalongan dan seluruh peserta lomba yang terdiri dari 17  sekolahan yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya Kapolres Pekalongan mengajak para pelajar sekabupaten Pekalongan untuk menjadi Mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, selain itu Kapolres Pekalongan juga mengucapkan terimakasih kepada sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SLTP sekabupaten Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si menambahkan bahwa Patroli Keamanan Sekolah (PKS) merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler di sekolah yang melatih para pesertanya untuk melaksanakan Pengamanan Swakarsa dan menciptakan suatu kegiatan yang positif dilingkungan- sekolah melalui kegiatan yang ada dalam PKS seperti: PBB, Tibmas Lantas, Pengaturan Lalulintas, Senam Lantas dan penyuluhan Kenakalan Remaja, ungkap AKBP Wawan.

Ditempat terpisah Kasubbag Humas Bag Ops Polres Pekalongan AKP M. Dahyar mengatakan bahwa Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di bentuk dan dilatih bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak Sekolah yakni untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan Sekolah.

Keberadaan anggota PKS di lingkungan Sekolah dapat membantu peran Guru dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan, baik terhadap pembinaan pengembangan bakat siswa maupun pengawasan siswa di lingkungan Sekolah dan anggota PKS juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk  menyeberangkan saat datang dan pulang dari Sekolah, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta dapat menjadi mitra dalam mendukung tugas Kepolisian yakni melaksanakan “Patroli Keamanan Sekolah” di lingkungan Sekolah masing-masing sesuai tugas pokoknya PKS tanpa mengganggu kegiatan belajar dan kegiatan PKS ini telah mendapat dukungan dari orang tua/wali murid serta Kepala Sekolah mengingat kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa, kata AKP M.Dahyar. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI