oleh

Polres Pekalongan Gelar Konferensi Pers, Tindak Pidana Penipuan

-Giat Ops-42 views

Polres Pekalongan – Kepala Kepolisian Resor Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si pagi tadi, Senin (14/1/2019) menggelar konferensi pers terkait tindak pidana penipuan dengan modus menjanjikan korbannya untuk dinikahi.

Dan guna untuk mendapatkan sejumlah barang berharga, Pelaku yang bernama Rizky Aryadiputra (29) alamat Benua indah Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci Kota Tangerang nekad melakukan penipuan dengan berpura pura mencari pasangan hidup. Alhasil, seorang perempuan Indrawati (23) Dukuh Sijeruk Desa Sijeruk, Sragi, menjadi korban tipu muslihat pelaku dengan mengalami kerugian mencapai belasan jutaan.

Peristiwa terjadi berawal pada Oktober 2018 melalui media sosial. Semula pelaku, Rizky mengirim pesan melalui aplikasi messenger yang intinya mengajak kenalan. Kemudian korban dan pelaku sering komunikasi.

Adapun dalam komunikasi tersebut, pelaku mengelabui dengan mengutarakan niatnya akan menjalin hubungan yang serius dengan korban dengan mengatakan,’ Aku Nggak Cari Pacar, tetapi Istri’. Melalui messengger itulah yang membuat korban percaya dengan pelaku.
Selanjutnya awal bulan November 2018, pelaku menelphon untuk bertemu dengan korban dengan mengatakan orang tuanya sakit dan ia diminta untug mencari calon istri.

Namun untuk meyakinkan korban, pelaki juga mengirimkan foto uang senilai Rp 10 juta yang akan digunakan untuk kawin. Pelaku juga menjanjikan kepada korban bahwa setelah tahun baru 2019 keluarganya akan datang ke rumah untuk membahas hari pernikahan.

Selanjutnya dalam perjalanan ke Solo, korban singgah di toko emas di Pemalang untuk menjual perhiasan berupa gelang kalung dan terkumpul uang sejumlah Rp.5.000.000. Namun saat sampai di daerah Solo pelaku meminta uang tersebut dengan alasan untuk diserahkan kepada ibunya agar uang ditambah oleh ibu nya. Namun ternyata uang tersebut dipergunakan untuk keperluan sendiri.

Sabtu,17 November 2018 kurang lebih pukul 17.00 WIB pelaku tiba di rumah korban setelah dari Jakarta dan meminjam motor untuk berkunjung ke rumah temanya di Purwokerto. Korban langsung menyerahkan motor beserta kunci kontaknya kepada pelaku. Namun setelah ditunggu-tunggu hingga saat ini SPM tidak dikembalikan kepada korban dan setiap kali ditanya keberadaan SPM, melalu memberikan berbagai macam alasan.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materi sejumlah Rp.19.500.000.

“Pada hari Rabu, 09 Januari 2019 kurang lebih pukul 19.30 WIB ada warga datang ke Polsek Sragi meminta bantuan melakukan pengejaran terhadap pelaku. Selanjutnya anggota Polsek Sragi berkoordinasi dengan Petugas Lalu Lintas Pos Pait agar memberhentikan KBM Brio Warna putih yang akan melintas di Jalan Sragi – Pait , pada saat pelaku hendak menyebrang ke jalan pantura Semarang – Jakarta. Pelaku berhasil di berhentikan dan dilakukannya penangkapan bersama barang bukti,” terangnya.

Guna pemeriksaan lebih lanjut kini tersangka masih mendekam di sel tahanan Mapolsek Sragi.(Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed