oleh

Polres Pekalongan Gelar Bimbingan Teknis Pengamanan TPS

-Giat Ops-213 views

Polres Pekalongan – Pagi tadi, di halaman Mapolres Pekalongan telah dilaksanakan apel sekaligus bimbingan teknis pengamanan TPS dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019 di wiilayah hukum Polres Pekalongan, Sabtu (06/04).

Apel dipimpin oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, S.H dan diikuti oleh Kabag, Kasat dan Perwira Polres Pekalongan, Kapolsek Jajaran serta seluruh personil yang melaksanakan pengamanan di TPS.

Mashudi dalam arahannya menyampaiakan bahwa apel ini untuk kesiapan pengamanan TPS dalam Pemilu 2019 dengan tujuan menyamakan persepsi dan cek personil sehingga tahu persis lokasi desanya dan tanggal 15 April 2019 akan dilaksanakan serpas maka harus sudah kenal para Kades dan Perangkat serta KPPS.

“Personil yang terlibat pengamanan TPS bisa sambang ke desa untuk menemui KPPS sehingga pada saat pelaksanan pengamanan di desa sudah merasa nyaman karena sudah berkoordinasi,” katanya.

Wakapolres menambahkan untuk laksanakan pengecekan kerawanan yang ada di TPS, karena mungkin ada TPS khusus maka akan diperlakukan khusus dalam menjalankan tugasnya dan setelah serpas anggota sudah tahu jumlah TPS dan kenali rekan kerja sehingga apabila ada masalah dapat berkoordinasi.

Lebih lanjut, Mashudi menegaskan apabila terjadi kontijensi, maka tugas yang pertama adalah mengamankan surat suara. “Selain itu, waktu pemungutan dan penghitungan bisa memakan waktu 17 jam, silahkan masing-masing anggota persiapkan kondisi fisik dan tenaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Gd Ngurah Simatupang usai apel menyampaikan bahwa jumlah TPS sebanyak 2.542, sedangkan personil pengamanan keseluruhan 524 personil. Untukpola pengamanan yaitu 2- 12  dan 2 – 14.

Simatupang mengatakan bahwa anggota harus mengerti apa tugasnya dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, mudah-mudahan dalam pelaksanaan pemilu ini berjalan aman sampai pelantikan sekitar bulan oktober 2019.

“Laksanakan silaturahmi dengan KPPS, lakukan pengecekan TPS dan penyimpanan surat suara serta kendaraan pengangkut logistik guna antisipasi adanya sabotase,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan Tactical Floor Game. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed