oleh

Polres Pekalongan Dan KPKNL Menggelar Lelang 55 Kendaraan Barang Bukti Hasil Temuan Dan Sitaan

-Giat Ops-154 views

Polres Pekalongan – Kepolisian Resor Pekalongan melalui Sat Tahti dengan di dampingi pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melaksanakan lelang kendaraan baik roda dua maupun roda empat, Jum’at (16/3/2018) pagi tadi.

Adapun kendaraan yang di lelang sebanyak 55 kendaraan barang bukti yang diamankan oleh Polres Pekalongan yang tidak segera diambil pemiliknya. Sepeda motor dan mobil tersebut, merupakan barang bukti yang terkumpul sejak tahun 2003.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Iptu Mustajab, mengatakan pemilik kendaraan tersebut sudah diberi  waktu untuk mengambil sepeda motor atau mobil mereka, namun dari batas waktu yang telah ditentukan tidak ada satu wargapun yang berusaha mengambil kendaraan tersebut di Polres Pekalongan. Oleh karenanya Polres Pekalongan melaksanakan pelelangan kendaraan tersebut. Dalam pelaksanaan pelelangan kendaraan barang bukti tersebut, Polres Pekalongan sudah melakukan koordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Semarang.

“Kendaraan barang bukti yang masih tersimpan di sini ada 48 unit sepeda motor dan 7 unit mobil. Kondisinya sebagian besar rusak berat dan tidak layak pakai,” ujar Kasat Tahti, didampingi anggotanya Brigadir Taufik.

Kendaraan tersebut ada yang merupakan barang bukti dari kasus pencurian, temuan, atau sejumlah kasus kejahatan lainnya. Selain itu termasuk hasil operasi kendaraan yang tidak diambil pemiliknya. Biasanya, pemilik tidak bisa mengambil karena tidak bisa menunjukkan surat-surat kepemilikan yang sah.

Ditemui ditempat terpisah Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyar mengatakan, jauh hari sebelum melaksanakan pelelangan Polres Pekalongan sudah memberikan himbauan kepada masyarakat yang merasa memiliki kendaraan barang bukti hasil curian itu, agar dapat mengambilnya. Pemiliki haras membawa bukti berupa surat-surat kendaraan tersebut seperti BPKB, STNK dan KTP. Adapun himbauan tersebut diumumkan di media massa baik koran maupun radio, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut, Kasubbag Humas Polres Pekalongan menambahkan, selamaa ini semua kendaraan barang bukti itu disimpan di halaman belakang Mapolres Pekalongan. Bila dibiarkan lebih lama selain membuat sesak lokasi penyimpanan barang bukti juga mengganggu estetika pemandangan, ujar AKP M Dahyar. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed