oleh

Polres Pekalongan Belum Temukan Obat PCC

-Giat Ops-23 views

Polres Pekalongan – Kepolisian Resor Pekalongan menyatakan belum menemukan keberadaan obat paracetamol caffeine dan carisoprodol (PCC) di wilayah hukumnya setelah melakukan operasi penertiban ke sejumlah apotek. Seperti yang dilakukan di daerah Bojong Kabupaten Pekalongan kemarin.

“Setelah dilakukan pengecekan di lapangan kami tidak menemukan obat PCC yang saat ini tengah menjadi topik di masyarakat,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan S.H., S.I.K., M.Si.
Wawan menjelaskan, dalam operasi tersebut pihaknya tidak lupa turut menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Pekalongan.

“Intinya target serta sasaran operasi kami adalah apotek dan toko obat di Kota Santri,” paparnya.

Dia mengatakan, meski saat pemeriksaan tidak ditemukan obat PCC, namun pihaknya tetap mengimbau agar apotek dan toko obat di Kota Santri untuk tidak menjual obat yang sudah dilarang tersebut.

“PCC sangat dilarang dan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Jadi jangan sekali-sekali dikonsumsi dan kepada toko obat dan apotek diminta tidak menjual,” katanya berpesan.

Terpisah Kasat Narkoba Polres Pekalongan AKP Joni Minarko mengatakan, selain melakukan pengecekan ke sejumlah apotek dan menggandeng Ikatan Apotek Indonesia, sebagai upaya mengantisipasi peredaran PCC pihaknya bersama satuan fungsi tugas yang lain seperti Sabhara dan Binmas juga melakukan bimbingan serta penyuluhan.

“Jika diketahui ada yang menjual PCC, pihaknya akan memberikan sanksi Undang-undang Kesehatan Pasal 197 Nomor 36 Tahun 2009 dan Pasal 197 tentang Penyedia, Pengadaan, dan Penjual Obat dengan hukuman sepuluh tahun penjara,” katanya. (Y.Er$hi/SM)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed