oleh

Pesan Moral Pandemi COVID-19, Dan Sob : Ora Salaman Tetep Seduluran

Polres Pekalongan – Secara Nasional, kasus sebaran virus corona meningkat termasuk di daerah Kab. Pekalongan maka perlu dilakukan Operasi Yustisi sesuai Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Maklumat Kapolri nomor :03/IX/2020 tanggal 21 September 2020 yang berisi peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan/memutus penularan dan pengendalian COVID-19.

Operasi Yustisi digelar tiap hari dan dalam satu hari wajib dilaksanakan minimal 3 (tiga) kali mulai dari pagi siang sore atau bahkan sampai malam, dengan harapan masyarakat sadar akan pentingnya memakai masker.

Hukuman atau sanksi bagi pelanggar yang tidak memakai masker mulai sanksi fisik berupa push up, sanksi sosial seperti pungut sampah, menyapu, mengepel tempat ibadah, sanksi teguran lisan dan atau sanksi teguran tertulis bahkan sampai terdapat sanksi denda.

Selain pelaksanaan operasi yustisi, terdapat kreasi dan inovasi diberbagai daerah, termasuk daerah kesesi kabupaten pekalongan melalui paguyuban kepala desa joko bahu membuat kaos yang bertuliskan “ora salaman tetep seduluran” yang artinya meskipun tidak berjabat tangan tetap bersaudara, tampak Kanit Sabhara Polsek Kesesi Aiptu Sobari atau akrab disapa DanSob duduk dengan staf kecamatan kesesi yang mengenakan kaos tersebut.

Pesan moral selama pandemi COVID-19 melalui tulisan kaos yang mengajak bersama mencegah penularan virus corona. (dul.R – humas kesesi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed