oleh

Personil Polsek Kedungwuni Amankan Hiburan Orkes Melayu di Desa Rengas

Polres Pekalongan – Sudah menjadi tradisi di masyarakat Kedungwuni, setiap khajatan atau orang yang menikahkan anaknya atau mengkhitankan anaknya, maka akan menyelenggarakan / nanggap hiburan , seperti orkes melayu atau pagelaran wayang. Itu pun tidak semua atau setiap warga , biasanya bagi mereka yang mampu untuk nanggap tersebut.

Kali ini di desa Rengas, salah satu warga, yaitu Bapak Ardianto yang mengkhitankan putranya, nanggap orkse melayu pada malam harinya. Sehingga sesuai dengan peraturan, yang bersangkutan sebelumnya melapor ke unit Intelkam Polsek Kedungwuni, selanjutnya setelah semua hal dikoordinasikan dan melalui survey tempat, maka dikeluarkan lah surat ijin menyelenggarakan giat hiburan orkes melayu oleh Unit Intelkam Polsek Kedungwuni.

Waktu penyelenggaraan, yaitu pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2018 jam 20.00 – 23.00 wib. Unit Intelkam sudah berkoordinasi dengan Unit Sabhara untuk merencanakan pengamanan, penunjukan personil pengamanan dan penempatan atau ploting personil di tempat penyelenggaraan.

Sebelum melaksanakan pengamanan, personil Polsek Kedungwuni pun melaksanakan apel kesiapan terlebih dahulu, yang dipimpin oleh Kanit Sabhara. Selanjutnya bersama – sama menuju ke lokasi menggunakan kbm patroli.

Setibanya di lokasi, anggota pengamanan disambut hangat oleh penyelenggara atau syaiful khajat, yaitu Bapak Ardianto. Kurang lebih 10 menit, beramah tamah dengan Bapak Ardianto, personil pun langsung menempatkan diri sesuai dengan ploting yang telah disepakati bersama sewaktu apel persiapan.

Kurang lebih 3 (tiga) jam acara berlangsung, tidak ada gesekan ataupun keributan sampai akhir acara. Padahal desa Rengas terkenal dengan pemuda nya yang sering berbuat keonaran dan keributan ketika ada acara orkes seperti ini, tapi semua dalam kendali anggota Polsek Kedungwuni yang melaksanakan pengamanan. pengunjung atau penonton yang datang diperkirakan mencapai 150 (seratus lima puluh) orang, tapi situasi aman dan terkendali.

Kapolsek Kedungwuni, AKP Kalung Muktiana,S.Sos.,M.M., mengungkapkan bahwa pengamanan orkes melayu di desa Rengas malam ini berjalan dengan aman dan tertib, faktor terbesarnya karena personil pengamanan sudah mempersiapkan dengan baik dan matang, Unit Intelkam juga langsung mensurvey lokasi dan menggalang warga agar turut serta menjaga keamanan dalam pelaksanaan giat hiburan orkes melayu ini, sehingga kegiatan berjalan sesuai dengan perencanaan sewaktu apel sebelum pelaksanaan. (Lan)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed