oleh

Personel Pospol Wonokerto Amankan Larung Sedekah Laut di TPI Wonokerto

Polres Pekalongan – Sebagai perwujudan rasa bersyukur setiap manusia atas semua kenikmatan yang telah diterima nya dari sang pencipta Allah SWT mempunyai banyak cara baik yang sesuai dengan tuntunan agama maupun melalui adat istiadat suatu wilayah. Larung Sesaji yang merupakan salah satu adat istiadat perwujudan rasa bersyukur warga masyarakat kaum nelayan yang selalu di lakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa sebagai ungkapan rasa bersyukur atas semua yang telah diterimanya dari sang pencipta Allah SWT selama masa 1 tahun sebelumnya. Kegiatan larung sesaji / sedekah Laut yang dilakukan oleh masyarakat jawa adalah dengan meletakkan sesaji dan kepala kerbau yang dibawa oleh ketua / sesepuh adat diiringi warga lainnya menggunakan perahu ke tengah laut, selanjutnya meletakkan Sesaji bersama Kepala kerbau disana dengan terlebih dahulu di doakan.

Senin, (25/9/2017) pukul 07.00 wib Kapospol Wonokerto IPTU Jamaludin saat memimpin giat Apel pagi anggota guna persiapan pengamanan rangkaian kegiatan masyarakat sekitar TPI Wonokerto Kab. Pekalongan berupa “Larung Sesaji / Sedekah Laut “, menyampaikan Jukrah Kapolsek Wiradesa agar dalam melaksanakan Pam mengutamakan keselamatan diri, tidak berlaku arogan dan pelaksanaan Pam berjalan Aman.

Kegiatan larung sesaji / sedekah laut warga sekitar TPI Wonokerto Kab. Pekalongan dimulai pukul 10. 40 wib diikuti oleh Bupati Pekalongan  Asip Kholbihi, SH, MSi beserta rombongan. Ketua Panitia saudara Kusdi,  menunjuk saudara Buhari, 69 Th, sebagai sesepuh melarung sesaji dengan sebuah perahu bersama rombongan Bupati Pekalongan diikuti oleh 14 perahu hias berpenumpang warga masyarakat sekitar dengan pengawalan perahu karet TNI AL dengan 5 Anggota yang dipimpin Pelda Mes Marso dari Pos TNI AL Wonokerto Lanal Tegal, 5 Anggota TNI AD dari Koramil Wiradesa berikut Kapospol Wonokerto dan 2 Anggota Polsek Wiradesa. Kegiatan “Melarung Sesaji” yang diikuti oleh Bupati Pekalongan berikut rombongan selesai / kembali pukul 11.10 Wib berlangsung dengan aman dan lancar. Kemudian rangkaian kegiatan lain dilanjutkan baik yang bersifat keagamaan berupa kegiatan tradisi adat Jawa pertunjukan wayang dan kegiatan tambahan hiburan berupa penilaian 25 perahu hias dengan hadiah uang tunai .(martikno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed