oleh

Peran Kapolsek Karangdadap Dalam Pengendalian Penyakit Demam Berdarah

Polres Pekalongan – Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD bukan masalah baru di Indonesia. Hingga saat ini, kasusnya masih terus bertambah. Penularan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti ini sangat dipengaruhi faktor alam, seperti curah hujan dan suhu yang lembap. Semua faktor tersebut sebenarnya dapat ditekan untuk mengurangi penyebaran penyakit DBD.

Kapolsek Karangdadap Iptu Bambang Sutrisno, S.H  menghadiri kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk di Aula Balai Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, Jum’at (14/02/2020).

Hadir Dalam kegiatan tersebut Camat Karangdadap, Abdul Qoyum, Kepala desa Kalilembu, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Pos Karangdadap beserta Petugas penyuluh dari Puskesmas Karangdadal dan ibu-ibu Kader”Jumantik” (Juru Pemantau Jentik).

Dalam kata pengantarnya Camat Karangdadap mengatakan, menyikapi memasuki musim penghujan, ini akan bersamaan meningkatnya perkembangan nyamuk aigep aigepti yang bisa menyebabkan penyakit endemik demam berdarah.

 Pemerintah Kecamatan Karangdadap bersama instansi terkait ,berupaya untuk menekan peningkatan penderita demam berdarah serta memantau dan mendeteksi perkembangan jentik nyamuk demam berdarah dengan cara mengadakan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Karangdadap mengatakan, Dengan kegiatan tersebut diharapkan peningkatan penderita demam berdarah bisa terkendali dan menurun,sehingga bisa tercipta masyarakat dan lingkungan yang sehat diwilayah Karangdadap.”Jajaran kami siap back up dan membantu semaksimal mungkin terkait pemberantasan sarang nyamuk, dengan menurunkan Babinkamtibmasnya yang sudah melekat di Desanya masing-masing di wilayah Kecamatan Sokaraja,” tegasnya.

Selesai kegiatan di Balai Desa dilanjutkan dengan turun langsung ke lingkungan rumah-rumah yang terindikasi lokasinya sebagai sarang nyamuk untuk di bersihkan. Selama kegiatan berjalan aman dan lancar.

Pemberantasan sarang nyamuk dengan pemberian bubuk abate yang ditaburkan di bak mandi, sehingga bisa membunuh jentik dan perkembangan nyamuk bisa di tekan. (andi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed