oleh

Pentingnya Kelestarian Hutan Dari Pembalakan Liar Sebagai Penyangga Terjadinya Bencana Alam

Polres Pekalongan – Untuk mencegah terjadinya Pembalakan liar  Hutan dan Lahan, Bhabinkamtibmas bersama  Polisi Kehutanan (Polhut)  melaksanakan patroli bersama dikawasan hutan Jolotigo  Kecamatan Talun Kab Pekalongan. Kamis (16/01).

Aiptu Tatang Hidayat  dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam setiap pelaksanaan patroli  hutan dan lahan kami selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya Pembalakan liar  hutan dan lahan yang akan berdampak pada kelestarian alam.

“Patroli  hutan dan lahan kami lakukan secara rutin bersama kehutanan  dan dinas terkait, khususnya di titik – titik tertentu ” terangnya.

Berdasarkan pantauan dari patroli yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Aiptu Tatang Hidayat dan  Polisi Kehutanan dengan saat ini hutan diwilayah kecamatan Talun  masih aman tidak diketemukan adanya pembalakan liar hutan dan lahan.

“Kita sangat bersyukur, hingga saat ini di wilayah Kecamatan Talun  khususnya di Jolotigo  belum ditemukan adanya pembalakan liar  Kendati demikian, kepada seluruh lapisan masyarakat kami menghimbau agar jangan sampai merusak alam atau  lahan, karena apabila sampai terjadi rusak akibat pembalakan hutan dan lahan  merugikan kita semua” terang Aiptu Tatang Hidayat.

Di tempat terpisah Kapolsek Talun AKP  Edi yuliantoro.S.H,.menyampaikan bahwa pihak Polsek Talun  terus mengantisipasi kemungkinan Pembalakan  hutan diwilayah Kecamatan Talun .

“Kegiatan patroli harus diintensifkan, dikarena saat ini musim Penghujan dengan curah air yang sangat tinggi yang sewaktu waktu bisa mengakibatkan banjir tanah longsor . Gundulnya hutan juga berakibat berkurangnya persediaan air tanah yang mulai menyusut karena hilangnya akar-akar pohon sebagai penyimpan dan penahan air bawah tanah. Belum lagi musnahnya flora dan fauna yang habitatnya berada di hutan, pasti juga akan mengalami kemusnahan,” Terang Kapolsek.

“Hutan gundul akibat ulah tangan manusia yang menebangi kayu untuk dijual sebagai bahan baku kertas dan bahan bangunan serta furniture. Penebangan hutan untuk lahan pertanian yang dilakukan masyarakat atau untuk pembangunan pabrik, kantor, atau perumahan rakyat yang kadang tak sadar telah mengurangi hutan di negeri ini, “Tambah Kapolsek Talun AKP  Edi yuliantoro.S.H,. (Humas_Talun)

Editor : Humas Polres Pekalongan.

Komentar

News Feed