oleh

Pengabdian Tanpa Batas Seorang Bripka Waryono

Polres Pekalongan – Musim penghujan seperti sekarang ini wilayah Kecamatan Lebakbarang yang berada di pegunungan, sebagian besar desa- desa dan jalan – jalan penghubung di wilayah tersebut berada di bibir- bibir tebing yang curam sehingga dengan situasi dan kondisi seperti tersebut diatas menyebabkan wilayah Kecamatan Lebakbarang rawan bencana alam tanah longsor.

Beberapa hari yang lalu di wilayah Kecamatan Lebakbarang telah terjadi bencana tanah longsor di beberapa lokasi, diantaranya yang paling dirasakan dampaknya oleh masyarakat adalah yang terjadi di hutan Sitekuk masuk desa Lebakbarang, material longsor yang terdiri dari tanah bercampur batu dan pepohonan roboh menutup akses jalan menuju dan dari arah desa Kutorembet – desa Lebakbarang, banyak anak-anak sekolah dan masyarakat yang tidak bisa melakukan aktifitasnya karena longsor tersebut.

Kemudian juga longsor yang terjadi di blok hutan Sirewog, meskipun masuk desa Lolong wilayah Kecamatan Karanganyar, namun tetap saja mengganggu aktifitas warga Lebakbarang yang akan beraktifitas ke Karanganyar dan temoat – tempat lainya, karena material longsor menutup akses jalan yang menghubungkan Lebakbarabg dengan wilayah Kecamatan Karanganyar dan lainnya, bersyukur berkat kesigapan aparat baik dari Polsek Lebakbarabg maupun Koramil serta pihak Kecamatan dan perhutani bersama-sama dengan warga masyarakat segera bertindak cepat mengatasi permasalahan tersebut.

Adalah Bripka Waryono (56 th)  sosok Polisi tua namun semangatnya masih menyala-nyala saat masyarakat membutuhkan bantuannya, saat ini beliau bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Lebakbarang dan mengemban empat desa, yaitu desa Lebakbarang, desa Bantar Kulon, desa Kapundutan dan desa Mendolo.

Sosok Polisi tersebut selalu berada di lokasi dimanapun di wilayah Lebakbarang tempat bencana longsor terjadi, seperti yang terjadi pada hari sabtu tanggal 17 februari 2018, sejak jam 08.30 wib Bripka Waryono telah berada di lokasi bencana di jalan raya Lebakbarang – Karanganyar, tepatnya di hutan Blok Sirewog masuk wilayah desa Lolong.  Meskipun material longsor sudah dibersihkan, namun sisa -sisa tanah longsor masih sering berjatuhan menutup jalan sehingga ketika bercampur dengan air hujan menyebabkan jalan licin dan berbahaya, disitulah peran beliau sebagai Polisi abdi dan melayani masyarakat. Di lokasi tersebut beliau mengatur arus lalu lintas dan dengan sabar juga membantu mendorong bahkan kadangkala mengangkat sepeda motor milik warga yang mengalami kesulitan, semua pekerjaan itu di lakukan dengan tulus ihklas dan tanpa pamrih sebagai bentuk dari tanggung jawab sebagai Polisi pengayom dan pelindung masyarakat.

Dan itulah sekelumit kisah dibalik bencana longsor yang terjadi beberapa hari ini di Lebakbarang dan sosok Polri Bripka Waryono yang tidak kenal lelah membantu masyarakat yang membutuhkan. (sutrisno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed