oleh

Pendekatan Soft Approach dan Soft Metodelogi, Bhabinkamtibmas Polsek Paninggaran, Dukung Akselerasi Renstra Polri

Polres Pekalongan – Sistem soft metodelogi merupakan pendekatan pemodelan sistem yang lebih humanis dan sangat memperhitungkan berbagai aspek dalam perilaku, baik perilaku organisasi maupun perilaku manusia.

Upaya soft approach dinilai penting dalam pencegahan dan penanganan paham radikalisme. Pola tersebut yakni dengan melakukan dialog, pencegahan konflik, pemberdayaan masyarakat muda, menjaga keamanan warga.

Metode dengan cakupan yang sangat luas tersebut dinilai efektif guna menciptakan harkamtibmas diwilayah penugasan bnhabinkamtibmas, guna memberdayakan potensi kearifan lokal yang ada. Polsek Paninggaran Polres Pekalongan selama ini telah secara rutin dan berkelanjutan melaksanakan kegiatan tersebut, seperti halnya yang telah dilaksanakan oleh personilnya yaitu Bripka Dwi Atmojo, Selasa (27/10/2020) melaksanakan kegiatan sambang dan binluh terhadap warga masyarakat Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Dalam kegiatan tersebut Bripka Dwi Atmojo berdialog dengan warga, ditekankan olehnya bahwa menjaga situasi lingkungan, perilaku masyarakat, perilaku remaja adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, kunci berhasilnya pembinaan perilaku dan sikap adalah dimulai pada ruang lingkup terdekat dan terkecil seperti pada ruang lingkup keluarga masing – masing. Oleh karena banyak didapati fakta bahwa perilaku menyimpang dan cenderung melawan hukum serta norma kemasyarakatan adalah akibat dari minimnya pola komunikasi dan keteladanan dalam keluarga.

Menyikapi fakta tersebut, apalagi momentum saat ini pada tahapan kampanye pemilukada serentak Kab. Pekalongan tahun 2020, diharapkan seluruh individu, elmen kemasyarakatan dan kelompok masyarakat untuk selalu berperan serta ikut menciptakan kamtibmas yng kondusif. Tidak lupa pula ditekankan kepada warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19 saat ini.

Melalui Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis, kegiatan bhabinkamtibmas tersebut selama ini telah diagendakan dan terjadwal, kreatifitas dan inovas bidang binluh menjadi sangat penting dengan tetap menjaga sikap adaptif guna kamtibmas yang kondisi dan berdaya guna.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed